Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTASATU.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan 560 anggota terpilih DPR RI baru  periode 2014-2019 yang berasal dari 10 partai politik peserta pemilu pada Rabu (14/5) lalu.

Selain itu lembaga penyelanggara pemilu pimpinan Husni Kamil Manik melalui Surat Keputusan No : 417/Kpts/KPU/Tahun 2014 juga menetapkan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang terpilih dalam pemilu legislatif (pileg) tahun 2014.

Setiap provinsi diwakili oleh 4 orang anggota DPD atau disebut juga senator. Sehingga total anggota DPD dari seluruh provinsi (33 provinsi) di Indonesia sebanyak 132 orang. Dari 26 orang calon DPD asal Provinsi Lampung, hanya 4 orang saja yang terpilih dan bisa duduk di senayan sebagai seorang senator.

Dari 4 orang senator yang terpilih, dua orang merupakan caleg petahana DPD asal lampung dan dua orang lagi merupakan pendatang baru. Berikut daftar 4 orang calon DPD terpilih asal Lampung : Untuk peringkat pertama diutempati oleh Ir. Anang Prihantoro dengan raihan suara sebanyak 546.287 suara. Anang merupakan calon DPD petahana yang kembali terpilih. Selama menjadi anggota DPD Anang fokus memperjuangan Land Reform (reformasi agraria).

Kemudian untuk posisi kedua diraih oleh H. Ahmad Jajuli yang juga calon DPD petahana. Jajuli berhasil meraih suara sebanyakj 338.596 suara. Mantan anggota DPRD Provinsi Lampung tersebut kembali terpilih untuk kedua kalinya sebagai seorang senator.

Untuk posisi ketiga didudukiu oleh H. Anda Surya dengan dulangan suara sebanyak 295.910 suara. Dan yang terakhir adalah Syarif,S.H. dengan raupan suara sebanyak 270.882 suara. Keduanya merupakan wajah baru yang berhasil masuk dan lolos sebagai senator. (JKS/MAR).