Selain Netral, Tim Dokter Pemeriksa Capres-Cawapres Teruji dan Berpengalaman

198
729
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTASATU.COM – Seirama dengan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Brigjen TNI  dr.Douglas S Umboh, Ikatan Dokter Indonesia (IDI)  memastikan diri bakal bersikap netral, independen dan profesional dalam melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) dalam pemilu presiden (pilpres) tahun 2014.

“InsyaAllah kami akan menjaga netralitas serta independensi dari tim ini,” kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin saat memberikan keterangan pers di RSPAD, Kamis (22/5).

Selain memastikan netralitas, Zainal juga menegaskan setiap dokter yang bertugas memeriksa kesehatan pasangan capres-cawapres adalah mereka yang sudah mempunyai pengalaman 15 tahun sebagai seorang dokter spessialis. Dan seluruh anggota tim dokter pemeriksa kesehatan capres-cawapres adalah putra terbaik dibidangnya masing-masing.

“Kami langsung menyurat ke perhimpunan terkait untuk memilih dokter terbaik. Jadi asosiasi yang memilih dokter terbaiknya, sehingga mereka juga berasal dari bermacam daerah,” kata Zaenal.

Untuk diketahui, berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Hari ini pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Jusuf Kalla mendapat giliran pertama menjalani tes kesehatan. Mereka datang ke RSPAD Gatot Soebroto mengenakan kemeja putih sekitar pukul 07.42 WIB. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa akan menjalani tes kesehatan pada Jumat (23/5).

RSPAD dan IDI sendirin menurunkan 42 orang dokter spesialis diberbagai bidang untuk memeriksa kesehatan capres-cawapres. (ANT/JKS)