Usai Lepas Jokowi Pulang Jakarta, Kapal Wartawan Istana Tergulung Angin dan Ombak Besar di Labuan Bajo

0
333
Kapal yang ditumpangi rombongan wartawan istana tenggelam di Labuan Bajo, Selasa (21/1/2020)/IST

JAKARTASATU.COM – Saat mengisi waktu luang usai meliput agenda kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah memoles bandara Komodo hingga Labuan Bajo untuk persiapan KTT G20, rombongan wartawan istana menaiki kapal pinisi dari kawasan Plataran Komodo. Mereka bersantai sejenak usai meliput acara penyerahan sertifikat lahan di Kantor Bupati Manggarai Barat, Kecamatan Komodo dan mengantarkan Jokowi  pulang terlebih dahulu ke Jakarta bersama rombongan menteri.

Namun saat hendak kembali ke tepi pantai, mendadak bertiup angin yang kencang dan ombak besar menggulung keberadaan kapal. Sontak kapal phinisi itu pun kehilangan kendali dan terbalik hanya dalam hitungan detik. Otomotis seluruh penumpang dan barang-barang yang ada di atas kapal langsung berhamburan di laut. Padahal waktu itu beberapa wartawan tengah berswafoto dan bersantai-santai menikmati pemandangan lautan.

“Masih di tengah laut saat mau belok balik, balik ke pantai. TIba-tiba kencang, ombak gede dan dalam hitungan detik langsung terbalik,” kisah Desca Lidya Natalia, wartawan Kantor Berita Antara menggambarkan pengalamannya.

Untungnya tak berapa segera tiba kapal penyelamat yang segera mengevakuasi para wartawan istana tersebut dan kemudian dibawa ke pelataran Komodo. Meski mengalami luka-luka namun seluruh wartawan yang ikut rombongan tersebut ternyata selamat.

Terkait kecelakaan tersebut, Staf BPBD Kabupaten Manggarai Barat Hans telah mengkonfirmasi bahwa benar telah ada kejadian kapal terbalik di Labuan Bajo. Ia pun juga mengonfirmasi bahwa seluruh penumpang selamat.

“Lokasi berdekatan dengan Pulau Bidadari Labuan Bajo. Seluruh penumpang dan ABK selamat. Penyebab kejadian kemungkinan akibat gelombang tinggi. Saat ini BPBD sedang berkoordinasi dengan SAR dan instansi terkait lainnya,” pungkasnya. |WAW-JAKSAT