KKP Diminta Perkuat SDM untuk Tingkatkan Produktifitas Perikanan Laut Indoensia

0
171

JAKARTASATU.COM – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi menyatakan, peningkatan kualitas SDM dan penguatan sarana dan prasarana nelayan menjadi poin yang harus menjadi perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam menyusun sasaran kerja tahun 2020 ini.

Dedi memberikan dukungan agar KKP melakukan misi pencegahan terhadap illegal fishing. Ia mendorong agar seluruh jajaran KKP memperkuat kualitas sumber daya manusianya (SDM). Penguatan SDM ini seharusnya sebanding dengan kompleksitas perairan Indonesia yang sangat luas.

“Komisi IV mendukung agar Kementerian Kelautan dan Perikanan memperkuat sumber daya manusianya untuk mencegah illegal fishing di Indonesia,” ungkap Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, (6/2/2020).

Tegas Dedi, penguatan SDM ini adalah hal yang mendasar yang harus dapat dibenahi agar mampu mengendalikan tantangan-tantangan ke depan, di samping juga ada hal hal mendasar yang harus segera dibenahi.

Jelas Dedi, guna meningkatkan produktifitas perikanan laut Indoensia, tak hanya pencegahan illegal fishing tetapi juga penting memperkuat sarana dan prasarana nelayan Indonesia. Menurutnya sarana prasarana nelayan Indonesia masih memerlukan dukungan dari pemerintah pusat, ini harus menjadi perhatian bagi program kerja KKP di tahun 2020 ini.

“Problem dari para nelayan saat ini selain modal dalam melaut juga mengenai perkapalan, oleh karena itu mohon kapasitas dan kualitas kapal para nelayan ditingkatkan dengan menyesuaikan di mana wilayah mereka mencari ikan,” tandas Dedi.*l HER-JAKSAT