JAKARTASATU.COM – Aksi demo Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Papua Barat memperingati HUT Pahlawan Nasional di gelar di Bunderan HI. Dalam aksinya para pendemo itu mendukung Otsus Papua Jilid II dilanjutkan.

Sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan nasional Indonesia maka mahasiswa mahasiswa dan pemuda Papua Barat turut partisipasi dalam rangka hari pahlawan nasional, sekaligus memberikan dukungan terhadap pemerintah pusat untuk melanjutkan otsu papua Jilid II dilanjutkan karena selama ini hampir tak ada kegiatan yang melibatkan mahasiswa papua dalam memperingati hari Pahlawan, padahal pahlawan nasional asal papua turut memberikan kontribusi besar terhadap negara besar melalui sejarah pembebasan Irian Barat ke pangkuan ibu pertiwi.

Dalam pernyataannya mempringati hari pahlawan nasional 2020 Bundaran HI sebagai bukti pengakuan mahasiswa papua dan pemuda papua barat terhadap pahlawan nasional yang berjuang untuk memperjuangkan kedaulatan negara Indonesia dari tangan penjajah.

“Aksi ini sebagai bukti memperingati hari pahlawan, kami sebenarnya mau aksi 10 November kemarin tapi ada sesuatu hal, kami gelar sekarang,” ujar Ujang Rahmat Mokan kordinator aksi di Bunderan HI Jakarta Pusat pada 11 November 2020 siang.

Demo yang berjumlah 60 masyarakat Papua Barat dan Mahasiswa ini berlangsung sebentar karena aparat meminta agar dilakukan sebentar saja dan digiring ke pinggir trotoar dekat Wisma Nusantara dan akhirnya mereka membagikan bunga kendaraan yang melintas.

“Pokoknya kami mendukung Otsus II dan kami sangat cinta NKRI,” lanjut Mokan.

Sejarah perjuangan pahlawan nasional republik Indonesia pada 10 November 2020 patut dilaksanakan sebagai upaya generasi muda indonesia dalam menghormati para pejuang yang telah merebut bangsa ini dari jaman penjajah. Nyawa menjadi taruhan atas berkat kegigihan pelopor kemerdekaan.

Solidaritas mahasiswa dan pemuda Papua Barat akhirnya membagikan bunga sebagai sebagai refleksi diri dalam HUT Pahlawan dengan simbol dalam rangka mengenang jasa pahlawan nasional asal Papua (Frans Kaisiepo, Johanes Abraham Dimara, Silas Papare, dan Marthen Indey) sebagai wujud penghormatan atas jasanya terhadap NKRI

“Dengan mempertimbangkan aspek pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Papua sebagai bahan refleksi perjuangan, kami memberikan dukungan Otsu Papua jilid II dilanjutkan” pungkas Ujang Rahmat Mokan.  | JAKSAT/MRD