Inilah 7 Caleg Terpilih Dari Dapil DKI Jakarta II

0
1547
foto: Istimewa
foto: Istimewa
foto: Istimewa

JAKARTASATU.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya menetapkan dan mengesahkan perolehan suara partai politik dan caleg DPR RI di daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II yang meliputi kawasan Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri.  Pengesahan rekapitulasi suara untuk dapil DKI II sempat ditunda  sebab KPU RI harus menunggu perolehan suara di luar negeri yang sempat mengalami kendala.

“Rekapitulasi hasil penghitungan suara calon DPR Dapil DKI Jakarta II termasuk luar negeri kita sahkan,” ujar Komisioner KPU, Juri Ardiantoro selaku pemimpuin rapat pleno terbuka di Gedung KPU RI Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam (6/5).

Komisioner KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos, memaparkan pemilih yang menggunakan hak pilihnya untuk DPR Dapil DKI Jakarta II sebanyak 2.002.301, dengan rincian surat suara sah 1.850.133 dan surat suara tidak sah 152.168. Untuk mengetahui jumlah Bilangan Pembagi Pemilih (BPP)n suara sah dibagi dengan jatah kursi, dengan demikian satub kursi di dapil DKI Jakarta II dihargai  264.304 suara.

Dari 12 partai politik peserta pemilu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi satu-satunya partai politik yang memperoleh suara tertinggi di dapil DKI II dengan total perolehan suara sebanyak 493.938. Dari 7 kursi yang tersedia, partai politik berlambang banteng dengan moncong putih itu berhasil meraih 2 kursi dan menempatkan dua kadernya, masing-masing Eriko Soturduga dan Masinton Pasaribu sebagai seorang legislator.

Kemudian disusul PKS 261.477 suara dan berhasil mengantarkan Hidayatv Nur Wahid untuk maju dan duduk sebagai wakil rakyat. Dari partai Gerindra caleg yang terpilih menjadi wakil rakyat adalah Biem Benyamin yang juga mantan kandidat wakil Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen. Partai Gerindra sendiri memperoleh suara total sebanyak 250.800 suara.

Sementara partai Golkar berhasil meraih suara sebanyak  174.908. Dan konsekuensi logis dari hal tersebut partai politik berlambang pohon beringin berhasil menempatkan Fayakhun sebagai wakil rakyat di parlemen. Sedangkan  PPP mendapatkan 153.147 suara, dan caleg yang terpiklih sebagai wakil rakyat adalah Okky Asokawaty. Untuk yang terakhir adalah Partai Demokrat. Partai besutan Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut berhasil menggondol suara sebanyak 144. 339 suara dan caleg atas nama Melanie Suharli terpilih menjadi wakil rakyat.

Sedangkan PKB, Hanura, PAN, NasDem, PBB dan PKP Indonesia di dapil DKI Jakarta II tidak mendapat kursi. Sebab perolehan suara mereka tidak cukup untuk mnengantarkan kadernya duduk di Senayan. TR/Sastro Celeng.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.