Kecewa dengan Jokowi, APKLI Alihkan Dukungan ke Prabowo

1
797
Foto : Antara
Foto : Antara
Foto : Antara

JAKARTASATU.COM – Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) secara resmi memberikan dukungan kepada capres Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa.

“Dalam pertimbangan APKLI sesuai dengan Rapat Pleno akhir bulan lalu, kedua pasangan tersebut memenuhi kriteria APKLI,” kata Ketua Umum APKLI, Ali Mahsun di Jakarta, Rabu (7/5).

Menurut Ali, sosok Prabowo sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dipersepsiukan sebagai tokoh yang memahami kebutuhan primer orang kecil termasuk para pedagang. Atas dasar itulah, APKLI memberikan amanat dan dukungan kapada mantan Danjen Kopassus tersebut.

Selain itu Ali mengaku, pihanya mengaku kecewa dengan sikap Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang telah merelokasi pedagang kali lima ke pasar Blok B Tanah Abang, Jakarta Pusat. Menurutnya upaya pemerintah provinsi DKI Jakarta merelokasi pedagangf adalah sebagai upaya membunuh secara perlahan para pedagang asongan.

“Dulu kita berikan suara kepada Jokowi-Ahok dengan ikhlas dan harapan baru. Tapi harapan baru itu sirna. Bukan hanya digusur, bukan hanya dibunuh pelan-pelan seperti Blok G, bahkan harkat martabatnya dilucuti Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” ujar Ali di Hotel Alia, Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Ali mengaku sejak dipindahkan ke blog G omzet penghasilan pedagang mengalami penurunan, hal tersebut diupicu dengan sepinya pengunjung. Menurutnya para pengunjung enggan berbelanja ke Blok G lantaran aksesnya yang tidak mudah. Akibat sepi pengunjung itulah, beberapa pedagang menutup kiosnya dan mengalami kebangkrutan.

“Sepuluh bulan terakhir ini tidak ada pembeli. Mereka bangkrut. Yang kita khawatirkan lift selesai, semua fasilitas selesai, batas waktu sewa gratis kios habis. Kemudian pengelola berdasarkan ‘base on economic’ memberikan harga yang mahal. PKL harus terusir karena nggak punya uang dan diisi pedagang lain,” tutupnya. TR/Sastro Celeng.