Celoteh Ruhut, SBY Restui Jokowi

0
713

ruhut sJAKARTASATU.COM  – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan menghalangi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi calon presiden (capres). Sebab, SBY yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD) sangat menghargai hak politik setiap warga negara sesuai konstitusi.

SBY pun bakal menerima izin yang nantinya disampaikan Jokowi. Hal itu dikemukakan Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul di Jakarta, Senin (12/5).

“Selama semua ketentuan dipenuhi (Jokowi), maka Pak SBY sebagai seorang negarawan tidak akan mempermasalahkannya. Pak SBY tidak akan mengganjal Jokowi,” kata Ruhut.

Jokowi merupakan bakal capres yang akan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Sesuai Undang-Undang nomor 42/2008 tentang Pilpres, pasal 7 ayat (1), Jokowi harus meminta izin kepada presiden jika hendak maju menjadi capres.

“Pak SBY akan taat ketentuan perundangan. Tidak ada niat Pak SBY menghalangi seseorang ingin jadi capres,” kata Ketua Dewan Perwakilan daerah (DPD) Irman Gusman.

Dia menambahkan, SBY menginginkan peralihan pemerintahan berjalan baik. “Pak SBY bangun tradisi demokrasi secara positif. Beliau tentu ingin torehkan tinta emas pergantian kekuasaan bisa berjalan kondusif,” imbuhnya. (BST)