Dukungan PPP, Penuhi Syarat Pencapresan Prabowo

0
601
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTASATU.COM – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi partai politik pertama yang mendukung Prabowo Subianto untuk maju dalam ajang pemilu presiden (pilpres) pada tanggal 9 Juli mendatang.

Sekretaris Jenderal DPP PPP, M. Romahurmuziy mengatakan, dukungan yang diberikan PPP kepada Gerindra merupakan tiket masuk untuk memuluskan pencapresan mantan Danjen Kopassus tersebut.

“Dukungan PPP otomatis memastikan tiket pencalonan PS (Prabowo Subianto) dalam Pilpres 2014,” kata politisi yang akrab disapa Romi melalui keterangan pers yang diterima Jakartasatu.com, Jakarta, Senin (12/5).

Lebih lanjut legislator dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah VII menambahkan, jika dikalkulkasi koalisi antara PPP dan Gerindra sudah bisa mengantarkan Prabowo untuk maju sebagai capres. Sebab syarat minimal pencapresan berupa 20 % kursi di DPR (setara dengan 112 kursi) sudah terpenuhi.

Berdasarkan hasil hitung-hitungan sementara yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Partai Gerindra mendapat 73 kursi, sedangkan PPP mendapoat 39 kursi. Dan jika digabungkan maka jumlah kursi antara kedua partai tersebut mencapai 112 kursi.

“Maka, persyaratan sebesar setidak-tidaknya 112 kursi DPR RI untuk pencalonan presiden berdasarkan peraturan perundang-undangan terpenuhi,” tutup Romi.

Berdasarkan UU No. 42 tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan  wakil Presiden, partain politik atau gabungan partai politik dapat mengajukan pasangan capres-cawapres dengan syarat memperoleh 25% suara sah nasional dan mendapat 20% perolehan kursi di parlemen. TR/JKS/003.