Bawakan lakon Mahabrata dan Ramayana, 4 Dalang Bali Bakal Tampil di Pentas Internasional

1
802
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTASATU.COM – Empat dalang wayang tradisional yang tinggal Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, akan mengikuti Festival Wayang Internasional di Nanchong, Tiongkok, pada 31 Mei-7 Juni 2014. Dalam festival tersebut para dalam akan membawakan lakon Mahabrata dan Ramayana.

“Festival wayang di China itu akan diikuti dalang dari seluruh dunia,” kata I Wayan Tunjung, salah satu dari dalang yang akan mengikuti festival itu, di Gianyar, Kamis (29/5).

Wayan Tunjung mengatakan festival wayang internasional bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya tradisional yang kini tidak banyak diminati kaum muda. Dalam ajang bertaraf internasional tersebut Wayan akan bekerjasama  dengan rekannya sesama dalang yaitu  I Gede Suartana, I Nyoman Karang Mustika, dan I Komang Sudiarsa.

Keempat dalang tersebut bakal ditemani oleh Jennifer Goodlander. Dia adalah profesor teater dan drama dari Indiana University, Amerika Serikat, yang sejak 2008 tinggal dan menetap di Ubud untuk belajar pedalangan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra mengatakan pemerintah mendukung pelestarian kesenian tradisional tersebut.

“Kami sudah berkomitmen memberikan ruang bagi seniman dalam setiap kegiatan pelestarian budaya melalui pentas seni. Bulan Oktober mendatang kami akan menggelar workshop tentang pewayangan sehingga generasi muda kembali mendapat pencerahan tentang pentingnya seni pewayangan,” tutupnya. (ANT/JKS).