Perkuat Misi Perdamaian di Sudan Selatan, Tiongkok Kirim 1 Batalyon Pasukan Tempur

3
844
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTASATU.COM – Republik Rayat Tiongkok (RRT) memastikan diri bakal mengirim satu batalyon pasukan infantri ke Sudan Selatan. Pengiriman 850 orang serdadu tersebut dalam rangka memperkuat misi perdamaian di Sudan Selatan yang sudah dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Dalam beberapa bulan kedepan, pasukan keamanan dari Tiongkok akan tiba di Sudan Selatan,” kata Kepala penjaga perdamaian PBB, Herve Ladsous, Kamis (29/5) seperti dilaporkan AFP.

Selain pasukan Tingkok, Herve juga berharap tambahan pasukan dari Ethiopia dan Kenya juga bakal segera tiba dalam waktu dekat. Ia juga mengatakan, ini adalah pertama kalinya RRT mengirimkan satu unit tempur prajurit untuk operasi perdamaian PBB.

Untuk diketahui, pada Desember, Dewan Keamanan memutuskan untuk mengirim 5.500 tentara penjaga perdamaian tambahan -beberapa ditugaskan kembali dari misi PBB lainnya di Afrika- untuk misi PBB di negara terbaru di dunia tersebut, sehingga total penyebaran menjadi 12.500.

Sudan Selatan baru merdeka dari Sudan tiga tahun yang lalu dan telah dirusak oleh konflik antara kelompok pemberontak dan pemerintah sejak 15 Desember, yang mengakibatkan pembantaian dan kekejaman terhadap ribuan warga sipil dari kedua pihak. Sekitar satu juta orang telah mengungsi dan banyak yang tinggal di tempat yang sangat sempit dan berbahaya. (ANT/JKS).