DPT Pilpres Nasional Bakal Ditetapkan KPU Pada 12 Juni

1
565
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTASATU.COM – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengaku hingga kini pihaknya masih terus melakukan perbaikan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPS-HP) untuk pemilu presiden yang akan dihelat pada tanggal 9 Juli mendatang.

“Masih diperbaiki dan kita terus melakukan pencermatan. Sesuai jadwal pada tanggal 9 Juni mendatang pihak KPUD Kabupaten atau Kota bakal menetapkan DPT Pilpres,” kata Ferry di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (31/5).

Lebih lanjut mantan Komisioner KPUD Jawa Barat itu menambahkan, setalah penetapan di tingkat Kabupaen atau Kota, DPT pilpres juga akan dikoreksi di KPU Tingkat provinsi, setelah itu bakal ditetapkan secara nasional oleh KPU RI.

“Iya, tanggal 12 Juni nanti bakal ditetapkan secara nasional oleh KPU,” jelas mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tersebut.

Masih kata Ferry, hingga kini daftar pemilih yang sudah masuk sebanyak 186.707.243. Jumlah tersebut sudah terintegrasi dengan jumlah pemilih yang berumur 17 tahun pada hari H Pilpres atau 9 Juli 2014.

“Jadi daftar pemilih sementara (DPS) pilpres itu adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pileg ditambah data pemilih yang berumur 17 tahun pada 9 Juli 2014 ditambah Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan DPK tambahan,” ungkapnya.

Menurut dia, jumlah DPK mencapai 900 ribuan sementara jumlah pemilih berumur 17 tahun pada hari H Pilpres berjumlah 3,1 juta pemilih. “Perbaikan terhadap DPS Hasil Perbaikan dan pemutakhiran pada 27 mei hingga 2 Juni. Jadi sekarang masih masa perbaikan,” tutupnya. (TAR/JKS). 

Facebook Comments