Jaga Pelantikan Gubernur-WakilGubernur Lampung Terpilih, Polda Terjunkan 1050 Personil

1
521
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTASATU.COM, BANDARLAMPUNG – Kabid Humas Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sulistyaningsih mengatakan pihaknya bakal menurunkan ribuan personil polisi dari Kepolisian Daerah (Polda) Lampung untuk mengamankan pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih, Muhammad Ridho Ficardo-Bakhtiar Basri. Pelantikan akan dilakukan di Gedung DPRD Lampung, Senin (2/6).

“Kami menyiagakan 1.050 personel untuk mengamankan pelantikan yang dikerahkan dari Polda Lampung, Polresta Bandarlampung, dan BKO dari Polres Lampung Selatan,” kata Sulistyaningsih di Lampung, Minggu malam (1/6).

Dia menyebutkan, sebanyak 1.050 personel yang dipersiapkan untuk pengamanan pelantikan gubernur-wagub Lampung itu, terdiri dari 608 personel Polda Lampung dan 442 personel dari Polresta Bandarlampung termasuk dari Satuan Brimob.

Selain itu, telah disiapkan dua unit kendaraan penembus blokade milik Direktorat Sabhara Polda Lampung, dua unit barrier, dua unit baracuda watercanon, satu unit pengamanan objek vital, dan satu peleton personel antihuru-hara.

“Sejumlah kendaraan tersebut disiapkan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Pengamanan juga disiapkan dari pemerintahan yakni dari Satuan Polisi Pamong Praja,” katanya lagi.

Sedangkan personel yang diturunkan dalam pengamanan area sekitar kantor gubernur dan gedung DPRD, yakni tim penjinak bom (jibom) Brimob.

“Ada dua unit penjinak bom yang ditempatkan di lokasi pelantikan, tim penjinak bom ini ditempatkan dan disiagakan sebagai bentuk antisipasi ancaman teror pada saat pelantikan nanti,” kata dia.

Dalam mengamankan perjalanan M Ridho Ficardo dan Bakhtiar Basri, Polda Lampung mengerahkan 27 kendaraan taktis lalu-lintas roda empat dan 16 unit roda dua. Anggota kepolisian nantinya akan ditempatkan pada titik-titik rute perjalanan rombongan. (ANT/PN).