Survei LSN : Prabowo Kalahkan Jokowi

0
598
Foto : ISTIMEWA
Foto : ISTIMEWA
Foto : ISTIMEWA

JAKARTASATU.COM, JAKARTA – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) berhasil mengalahkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Demikian salah satu kesimpulan survei terbaru Lembaga Survei Nasional (LSN) yang dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 8 Juni di 34 Provinsi dan 9 daerah battle ground (provinsi dengan jumlah pemilih besar).

Peneliti utama LSN, Gema Nusantara mengatakan, dari 9 provinsi yang mempunyai jumlah pemilih terbanyak, pasangan Prabowo-Hatta menang di 8 provinsi. Sedangkan pasangan Jokowi-JK hanya ungul di satu Provinsi, yaitu di Jawa Tengah.

“Pasangan Jokowi-JK hanya leading dari Prabowo-Hatta di Provinsi Jawa Tengah. Di daerah yang selama ini dikenal menjadi pangsa pasar tradisional PDIP. Di Jateng elektabilitas Jokowi-JK sebesar 47,5 persen dan Prabowo-Hatta 43,3 persen dan sebanyakl 9,2 persen pemilih belum menentukan pilihan,” kata Dipa saat memaparkan hasil survei LSN di Hotel Le-Meridien, Jakarta, Kamis (12/6).

Adapun survei LSN dilakukan di 34 Provinsi, dengan jumlah responden sebanyak 1.070 orang. Tingkat margin error (3 persen) dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
Pasangan Prabowo-Hatta sendiri menang telak di delapan provinsi (battle ground) yaitu, di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan Lampung. (MAR/JAKS).