Foto : Ist, Hikmahanto Juwana
Foto : Ist, Hikmahanto Juwana
Foto : Ist, Hikmahanto Juwana

JAKARTASATU.COM, JAKARTA – Setelah ditetapkan sebagai moderator dalam debat calon presiden (capres) sesi tiga pada tanggal 22 Juni mendatang, Guru Besar Hukum Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana mengaku siap.

“Persiapannya, tentu saya harus banyak belajar dari apa yang dilakukan oleh moderator pada acara debat pertama dan kedua,” kata Hikmahanto ketika dihubungi oleh Antara di Jakarta, Rabu (18/6).

Hikmahanto Juwana mengatakan ada sejumlah persiapan khusus agar bisa tampil baik sebagai moderator debat capres yang ketiga tersebut, antara lain belajar dari dua moderator debat capres sebelumnya. Ia mengatakan dalam waktu dekat akan bertemu komisioner KPU untuk melakukan rapat internal terkait materi-materi apa saja yang harus dikuasai selama jadi moderator. “Jadi saya harus menguasai benar materi tentang tema tersebut,” tegasnya.

Menurut dia, keputusan KPU yang menunjuknya sebagai moderator debat capres merupakan sebuah kehormatan tersendiri sekaligus tantangan. “Jujur saya tidak menyangka kalau saya yang terpilih jadi moderator. Ini merupakan kehormatan tersendiri sekaligus tantangan buat saya,” tutupnya.

Sekedar informasi dalam debat capres ketiga tema yang akan dibahas adalah Politik Internasional dan Ketahanan Nasional. Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla. (ANT/PN).