Terpilih Jadi Presiden, Capres Jokowi Janji Perhatikan Budaya Daerah

0
814
Keraton Kasepuhan Cirebon
Keraton Kasepuhan Cirebon
Keraton Kasepuhan Cirebon

JAKARTASATU.COM, CIREBON – Gubernur DKI Jakarta non aktif yang juga calon presiden dari gabungan lima partai politik, Joko Widodo mengaku akan mendukungv dan melestarikan kebudayaan daerah jika dirinya kelak terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019.

“Kebudayaan daerah merupakan wujud dari jatidiri dan karakter bangsa, sehingga dengan menguatkan dan melestarikan kebudayaan, maka jatidiri dan karakter bangsa bisa dipertahankan,” kata Joko Widodo ketika berdialog dengan keluarga besar Keraton Kasepuhan Cirebon di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (18/6).

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan keberpihakan dirinya untuk melestarikan budaya daerah bukanlah isapan jempol belaka, melainkan ia sudah membuktikan hal tersebut selama ia menjadi Walikota Surakarta dan Gubernur DKI Jakarta.

Sejak menjadi walikota Surakarta, capres Jokowi sudah dua kali menyelenggarakan festival keraton se-dunia, yakni di Solo dan Jakarta. Menurut Jokowi, di Indonesia ada sebanyak 148 keraton, yakni negara dengan keraton terbanyak di dunia, yang perlu terus dipelihara.

“Aset keraton yang sangat banyak ini perlu terus dipelihara,” katanya.”Dengan menguatkan dan melestarikan kebudayaan, maka jatidiri dan karakter bangsa bisa dipertahankan,” tutup Jokowi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut antara lain, Pangeran Sepuh XIV Arief Natadiningrat, Permaisuri Pengeran Sepuh XIV Isye Natadiningrat, serta ratusan warga sekitar yang ingin bertemu langsung dengan Joko Widodo. (ANT/PN).