Hari Ini Capres Jokowi Genap Berusia 53 Tahun

4
736
Capres Joko Widodo
Capres Joko Widodo

JAKARTASATU.COM, JAKARTA – Capres Joko Widodo (Jokowi) pad hari ini, Sabtu (21 Juni) genap berusia 53 tahun. Mantan Walikota Surakarta itu lahir di Surakarta pada tanggal 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Miharjo dan Sujiatmi Notomiharjo.

Di usianya yang ke 53, pria kurus yang identik dengan baju kotak-kotak itu mencoba keberuntungan dengan maju mencalonkan diri sebagai calon presiden (capres) pada pemilu presiden (Pilpres). Bersama dengan Jusuf Kalla, Jokowi-JK diusung oleh lima partai politik pendukung.

Alumnus Fakultas Kehutanan, Universitas Gajah Mada (UGM) itu memulai karier politiknya sebagai walikota Surakarta selama dua periode dan diusung dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dengan periode masa jabatan 2005-2010 dan 2010-2015.

Namun demikian ayah dari tiga anak itu pada tahun 2012 memutuskan diri untuk tidak melanjutkan jabatan Walikota Surakarta, dan mencoba nasib keberuntungan dengan maju sebagai calon Gubernur pada pemilihan gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012.

Berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama, Jokowi mujur dan berhasil menang di DKI Jakarta. Keduanya diangkat dan ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Periode 2012-2017.

Meskipun sudah diberikan amanah luar biasa oleh rakyat Jakarta untuk menuntaskan setumpuk persoaln yang melanda Ibukota, namun Jokowi memilih meninggalkan DKI Jakarta dan mencoba nasih keberuntungan untuk maju bertarung dalam pilpres 2014. Pada pilpres 2014 kali ini, Jokowi-JK akan bertarung dengan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta). Pilpres sendiri akan dilakasanakan pada tanggal 9 Juli mendatang. (MARC/PN).