Jokowi Sewot, SBY – Mega Mau Rekonsiliasi

1
978

jkw-sewotJAKARTASATU.COM – Di tengah-tangah munculnya keinginan dan harapan rakyat Indonesia agar dua tokoh bangsa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan mantan Presiden Megawati Sukarnoputri dapat membangun rekonsiliasi, Joko Widodo malah menunjukan ketidaksukaannya.

Joko Widodo memilih sikap tak mau berkomentar soal wacana rekonsiliasi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jokowi terlihat sewot dan menunjukkan ekspresi ketidaksukaannya saat ditanya hal tersebut.

“Kayak gitu masa tanya saya,” ujar Jokowi usai mengikuti upacara HUT ke-69 RI di Istana Negara, Jakarta, Minggu (17/8/2014).

Jokowi langsung memalingkan mukanya saat ditanya alasan ketidakhadiran Megawati dalam upacara kali ini. Dia lebih memilih meninggalkan wartawan dan memenuhi permintaan berfoto dari tamu-tamu undangan yang lain. Sangat terasa ketidaksukaan Jokowi jika rekonsiliasi Presiden SBY dan Megawati bila sampai terjadi.

Pihak Istana mengundang mantan presiden dan mantan wakil presiden beserta keluarganya untuk hadir dalam peringatan detik-detik proklamasi pagi tadi. Namun Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri tak terlihat hadir.

Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo mengatakan, ketidakhadiran Megawati lantaran dia menjadi inspektur upacara di DPP PDI-P, Lenteng Agung pada waktu yang sama.

Sejak tidak lagi menjabat sebagai presiden, Megawati tak pernah sekali pun memenuhi undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk ikut upacara di Istana. Tahun ini adalah tahun kesepuluh Megawati absen berupacara di Istana.

Banyak pihak yang mengaitkan alasan ketidakhadiran Megawati lantaran putri sulung proklamator Bung Karno itu masih memiliki konflik pribadi dengan SBY. Hubungan keduanya diketahui renggang setelah SBY maju sebagai calon presiden dan mengalahkan Megawati pada tahun 2004 dan 2009.

Rekonsiliasi SBY dan Megawati menurut banyak kalangan akan melemahkan posisi politik Jokowi. Hubungan Jokowi dan Megawati yang tidak begitu mesra dapat berubah menjadi saling bermusuhan bilamana Megawati menjalin hubungan dengan SBY.(GN/JKTS)

Facebook Comments