Bukan Hoax Pesawat AS Ada di Halim, Kasian Rakyat Indonesia Dibohongi Informasi Benar

243
2017

1610812_10204714452766923_4195640180261726434_nJAKARTASATU.COM — Postingan di Face Book Tara Palsara yang menulis soal pesawat militer dan sipil AS yang mendarat tanggal 18 Agustus kemarin, di status FB-nya dibully dan dituduh Hoax…Namun Tara nampaknya tak gentar, kami JAKARTASATU.COM sangat mendukung jika Tara tak usah takut menyampaikan kebenarannya. 

Berikut ini adu hebat Tara dengan si penuduh demikian Tara tulis dalam Status FBnya 20 Agustus 2014. Kami sengaja memuat semuanya dan silakan saja beropini mana yang benar:

HOAX ??? Bareng2 Klarifikasi Yuuk… 
——————————————————-
Tanggapan untuk Komunitas Anti Faker Indonesia tentang Pesawat Militer USAF

Saya sungguh tidak pernah mengira sebelumnya, bahwa postingan statussaya tentang Pesawat Militer USAF akan menggelinding menjadi pemberitaan besar di jejaring media sosial dunia maya.

Kalau mau arif menyimak, sebetulnya materi status saya adalah standar sekali, dan saya memposisikan sebagai observer [yang saya memang berhak untuk itu] karena saya adalah sah sebagai Warga Negara Indonesia.

>>>”Bagi orang awam, hal seperti ini mungkin lumrah-lumrah saja. Tapi bagi para pemerhati Politik dan Hubungan Internasonal… selalu saja ada yang menarik dan menggelitik untuk di kritisi.

Apalagi, saat ini Republik Indonesia sedang dalam fase transisi politik yang cukup “hangat” [kalau tidak boleh dibilang menegangkan], jelang keputusan sengketa pilpres di Mahkamah Konstitusi.

(bagi yg mempunyai info, bisa berbagi guna peng- kayaan wawasan)”<<<

Mana yang salah, dari status saya ?! bukankah saya hanya melempar “awarenes” kesadaran kepada publik tentang apa yang sedang terjadi di Republik tercinta ini… bahkan saya memberi ruang kepada publik untuk berkenan berbagi info, guna menambah wawasan. NAH LHO…, kenapa jadi banyak yang misleading terhadap status saya ?! please ‘deh 

Nah, sekarang… saya mau tanggapin tentang Tuduhan Hoax dari Komunitas Anti Faker Indonesia.

Sebelum saya mengklarifikasi, SAYA MENEGASKAN, BAHWA SAYA TIDAK BERMAKSUD MEMONOPOLI KEBENARAN, dengan kata lain : saya mengajak siapapun anda, para pemerhati dunia maya, untuk secara arif, santun dan bijak bersama2 melacak kebenaran atas berita yang ada, [Tanpa Caci Maki, Umpatan dan Hinaan]. Jika memang ada informasi valid yang bisa meluruskan penjelasan saya, maka dengan lapang dada saya akan menerima dan memohon maaf kepada publik. Clear yaa… 

TUDUHAN ke 1 :
Foto tersebut diambil dari berita tahun 2010, seperti kita ketahui tahun 2010 presiden Amerika Obama pernah bertandang ke Indonesia dalam kunjungannya.

JAWAB :
Foto tersebut diambil secara selfie pada tanggal 18 Agustus 2014, sekitar pukul 06.00 pagi, dan saya bertanggung jawab penuh bahwa akun pengunggah foto pertama kali adalah Akun FB yang nyata ada / riil [bukan akun hantu]. Informasi lain menyebutkan bahwa, di situ juga banyak orang yang mengambil foto pesawat tersebut, namun dengan adanya “geger” pemberitaan, maka rata2 mereka pada mengambil posisi aman [saya bisa memahami keputusan ini]. By The Way, apa pada Tahun 2010 itu sudah ada trend Foto Selfie yahhh  seperti foto sahabat saya di depan pesawat militer kemarin… 

Juga, cermati WARNA cat pesawat CITILINK.Warna cat design CITILINK bukan warna hijau seperti itu pada tahun 2010. Adapun merk dan jenis pesawat Citilink tersebut adalah Airbus A 310, Citilink belum mempergunakan jenis itu pd tahun 2010.
usaforce
TUDUHAN ke 2 :
Perhatikan bagian nomor badan pesawat itu deh, kenapa harus di di buat agak di blur hehehehe, karena sebenarnya nomor badan di pesawat itu adalah 5149 hehehehe kapal bernomor asli 5149 adalah kapal terdaftar di USAF (United States Air Force) atau Angkatan Udara Amerika sebagai kapal carrier yang selalu digunakan untuk mengangkut logistik kunjungan kenegaraan Obama.

JAWAB :
Bagian mana yang dibuat blur ?! semua foto jarak pendek yang ada, semuanya menginformasikan yang sama yaitu Nomor Badan Pesawat adalah 5146 (bukan 5149 seperti dimaksudkan Si Penuduh). Disinilah, letak kegagalan dari si penuduh… dia bilang bahwa pesawat jenis ini adalah [seolah-olah hanya] kapal carrier logistik untuk kunjungan kenegaraan Presiden US. Nyatanya, pesawat jenis ini BANYAK dimiliki oleh USAF dan memiliki nomor badan sendiri2. JADI, kunjungan pesawat jenis ini TIDAK SELALU terkait dengan kunjungan Presiden USA saja melainkan juga untuk misi kenegaraan yang lain. Contoh : Hillary Clinton [ketika menjabat Menteri Luar Negeri] juga sering diiringi oleh pesawat jenis ini dengan nomor badan pesawat yg berbeda tentunya, ketika melakukan kunjungan luar negeri.

Informasi teman tentang pesawat militer yang ada di Halim adalah : Pesawat Boeing C 17 Globemaster III 05-5146 USAF adalah bagian dari 15th Airlift Wing Airmen yang berbasis di Pearl Harbor – Hawai untuk support AU Amerika Serikat di Jepang, Korea dan Afganistan. CATATAN : saya MEMPERSILAHKAN para pemerhati penerbangan untuk mengklarifikasi info ini, jika memang salah maka bisa DIKOREKSI.
usa2
TUDUHAN ke 3 :
Nah di gambar ini terlihat lagi keanehan yang kelihatan banget nih, Perhatikan kapal di samping kapal USAF bernomor badan 5146 (aslinya 5149) ada pesawat commercial Citylink ikut parkir disana, coba deh konfirmasi ke Halim, soal tanggal 18 agustus apakah ada jadwal landing citylink di Halim, jawabannya pasti sama dengan yang kami terima, TIDAK ADA PESAWAT KOMERSIAL YANG LANDING atau PARKING DI HALIM TANGGAL 18 AGUSTUS 2014, KARENA DIGUNAKAN SEPENUHNYA UNTUK PARKING KAPAL TEMPUR ANGKATAN UDARA SELEPAS PARADE KAPAL UDARA 17 AGUSTUS 2014 LALU, nah terus ngapain itu kapal Citylink nyasar di HALIM?? Tanya kenapa??

JAWAB :
Tolong perhatikan terlebih dahulu, penulisan si penuduh tentang tulisan CITYLINK. Dia [si penuduh] sampai 3 (tiga) kali melakukan kesalahan terhadap penulisan CITYLINK, padahal YANG BENAR adalah CITILINK [pakai i, bukan y]. Kesalahan beruntun ini, sempat membuat saya tercenung di pikiran, apakah iya si penuduh ini menguasai informasi ?! Tapi sudahlah…. bisa jadi si Penuduh menganggap soal penulisan adalah hal sepele, padahal bagi yang paham soal bisnis, kesalahan ini bisa menimbulkan konsekuensi perdata 

Hari ini, Rabu 20 Agustus 2014, sekitar pukul 15.00 WIB, saya MELAKUKAN KLARIFIKASI KE PIHAK CITILINK, bahkan sebanyak 2 (dua) kali ke bagian Call Center dan melakukan kontak telephone dengan 2 (dua) orang petugas yang berbeda [untuk keamanan, nama ada pada saya]. Saya beroleh informasi bahwa memang benar pada tanggal 17 – 18 Agustus 2014, ada penerbangan CITILINK yang canceled TETAPI TETAP ADA PESAWAT YANG PARKIR di Bandara Halim Perdana Kusumah. Tegasnya, Pesawat CITILINK itu memang ada yang parkir di Halim [tidak semua di “ungsikan” ke Cengkareng]. SEKALI LAGI : Saya tidak bermaksud memonopoli kebenaran, jika ada pemerhati FB yang “mampu” menghadirkan keterangan resmi dari instansi terkait itu akan lebih baik 

PENUTUP

Sudahlah…

Saya sendiri, sebetulnya tidak terlalu tertarik untuk menanggapi balik tuduhan hoax atas postingan saya [walau saya banyak menerima inbox bully]. Tetapi, demi tanggung jawab moral saya kepada sahabat-sahabat FB yang telah men-suport saya dan untuk pembelajaran bersama maka saya putuskan untuk membuat catatan ini.

Saya berharap, klarifikasi saya ini bisa membawa pencerahan kepada pihak yang berkepentingan dan Saya tetap membuka diri untuk koreksi lebih lanjut [bila ada].

Saya Memohon Perlindungan Kepada Allah SWT atas apa yang saya lakukan.

Aamiiin.

 

Dari peristiwa ini harusnya yang berwenang berkewajiban memberikan klrifikasi. Jangan-jangan benar dan kita memang sedang di taklukan AS dan kenaytaannya buakan sekadar yang rame disebut. Kasian Indonesia.  Dan kami  merasa yakin apa yang Tara tulis, dan membuktikan bahwa pesawat itu memang ada dan mendarat.

Bahkan akun Nanik Sudaryati  menulis seperti kami kutip juga dibawah ini meski tidak semuanya:

Setelah rame-rame di up load, kemarin pukul 12.41 , saya dapat BBM dari orang dalam di kalangan militer yg membenarkan apa yg saya shared dari Mas Tara tersebut. menurut kawan saya, pesawat yg mendarat itu adalah US Ariforce Galaxi c 17 yang membawa pasukan 30 orang utk latihan di Australia. Dalam jadwal mereka seharusnya datang pukul 16 Agustus dan balik tanggal 18 Agustus.
Kemudian Pesawat satu lagi adalah pesawat Gulsstream G5, yg dinaiki oleh Panglima Asia Pacific , dimana dalam jadwal tercatat tanggal 16 datang dan pergi tanggal 19.

Nah , karena aneh, mengapa latihan di Australia kok mampir Halim, saya tanya ke teman yg memberi info tadi, dan mengapa pula keduanya kok masih nangkring pesawatnya ada di Halim hingga kemarin sore ? ” Nah itu dia aneh kan Mbak? Misi khusus nampaknya” jawab teman saya di kalangan militer itu.
Kemudian kami diskusi berbagai hal, termasuk keanehan-keanehan , mengapa mau ke Australia kok transitnya di Halim sampi tiga hari…Kemudian teman saya yg militer menilpon ke orang dalam di Halim, dari Manifest yg tercatat dari dua pesawat tersebut isinya 30 orang tentara , dan 1 Panglima Asia Pasific.
Nah yg aneh lagi, menurut teman saya yg semalam pukul 21.40 kasih kabar lagi ke saya, “Mbak saya cek lagi, mustinya pukul 18.30 mereka take off ke Guan Tanamo, tapi sampai tadi pukul 21.00 masih nongkrong dua pesawat itu. Artinya belum jadi take off” kata teman saya yg saat BBM berada di Halim.
Berdasarkan info orang2 di Halim, saat datang para penumpang itu lewat VVIP, dan mobil penjemput dari kedubes Amerika langsung masuk ke lapangan.
Nah , dari keterangan ini kalau masih ada yg bilang apa yg ditulis atau di up load fotonya oleh Mas Tara itu Hoax, tentu hanya orang BODOH dan PENGECUT yang selalu MENUTUP keberadaan asing di ndonesia.

Sekali lagi kasian Indonesia dan rakyat Indonesia selalu dikibuli. Padahal informasi itu apa yang ditulia oleh Tara. (BBS/JKST/ZAKI)