Menko Polhukam: Hanya Tuhan yang Bisa Jamin Keamanan

0
1156
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

JAKARTASATU.COM — Kapolri Jenderal Polisi Sutarman sudah menetapkan Jakarta dan kota – kota lain di Indonesia dalam status Siaga Satu. Di Jakarta, dua pertiga personil Polri sudah ditempatkan di titik – titik strategis guna mengantisipasi gangguan keamanan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, mengatakan keamanan sepanjang proses Pemilihan presiden dan wakil presiden, sudah diinstruksikan sejak dahulu. Termasuk untuk persiapan pengamanan pengumuman keputusan Mahkamah Konstitusi yang akan dilakukan besok, Kamis 21 Agustus 2014.

“Kan sudah diinstruksinya dari dulu,” kata Djoko di Istana Negara, Jakarta, Rabu 20 Agustus 2014.

Namun, ketika ditanya mengenai jaminan keamanan besok, Djoko hanya menjawab: “Yang bisa menjamin hanya Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Menurut Djoko tugasnya hanya mengamankan agar masyarakat tidak terganggu dan tidak terjadi tindakan anarki. Apalagi, kedua kubu baik pasangan calon presiden dan wapres nomor urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa maupun presiden terpilih versi Komisi Pemilihan Umum Joko Widodo-Jusuf Kalla sudah sepakat berdamai.

“Kedua pihak sudah sepakat damai, damai, damai. Sudah dikatakan bolak- balik dari kubu Pak Prabowo dan Pak Jokowi,” jelasnya.(GN/JKST)

Djoko juga menanggapi santai ketika ditanya mengenai adanya aksi demo besok. “Demo kan biasa, yang penting tertib dan aman. Tidak mengganggu kepentingan yang lebih besar,” katanya.

MK dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu akan mengumumkan putusan terkait sengketa dan dugaan pelanggaran etik dalam Pilpres 2014 pada Kamis 21 Agustus 2014. Pengumuman digelar pada hari yang sama dengan tujuan agar tidak saling mempengaruhi satu sama lain.