Korupsi ESDM, Penyusun Skema Suap Masih Berada di Belakang SBY

0
807

jero_wacik-ANTJAKARTASATU — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik sebagai tersangka, Rabu lalu (3/9).

Jero ditetapkan dalam dugaan kasus pemerasan terkait kewenangannya dalam operasional kementerian tahun anggaran 2011-2013.
Menurut Direktur Golbal Future Institute Hendrajit, sebenarnya, kasus yang menjerat Jero Wacik Kasus ini kecil dari angka. KPK memang menduga Jero melakukan pemerasan guna meningkatkan dana operasional menteri. Dari hasil pemerasan itu, Jero berhasil mengumpulkan Rp 9,9 miliar.
“Dia (Jero) kan Menteri ESDM yang menjadi pengawas SKK Migas. Dia kerja untuk mengawasi SKK Migas,” ujar Hendrajit dalam diskusi di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/5).
Nah, uang Rp9,9 miliar ini hanya upah untuk Jero. Sementara penyusung skemanya suap menyuap, dalam lingkaran mafia belum juga tersentuh. “Orang-orang (penyusun skema) ini tetap ada di belakang SBY,” sambungnya tanpa menjelaskan lebih detil siapa orang-orang yang dimaksud.