Pengamat: Dianggap Bagian Mafia Migas Arie Soemarno Tidak Tepat Digadangkan Jabat MenESDM

0
2563

images-1JAKARTASATU — Rumor kuat menyebutkan bahwa kakak dari Ketua Tim Transisi Rini Soemarno, Arie Soemarno adalah calon kuat Menteri ESDM. Jika tidak, Arie akan duduk sebagai petinggi di Pertamina atau BUMN lain.

Namun, pengamat politik Herdi Sahrasad mengatakan, Arie adalah sosok yang tidak tepat untuk duduk di kursi penanganan energi.
“Itu, merupakan permainan lama para mafia, jadi pak Arie Soemarno dengan segala hormat perlu saya ingatkan, anda dalam presepsi publik adalah bagian dari mafia,” tegasnya di Gedung MPR RI, Jakarta, Senin (8/9).
Ia pun menegaskan, pimpinan Kementerian ESDM, Pertamina dan SKK Migas harus dipilih presiden dan wakil presiden terpilih. Dan juga harus dari masa lalu yang terjerat masalah.
Sebelumnya, pakar geopolitik Hendrajit meminta Jokowi-JK hati-hati memilih calon menteri ESDM. Sosok yang didaulat menjadi Menteri ESDM harusnya memiliki kapabilitas dan rekam jejak jauh dari jaringan-jaringan mafia migas.
“Jangan lagi seperti dulu, ada Ari Sumarno dalam skema impor minyak zapati yang membuat kerugian negara sampai Rp500 triliun. Selain itu ada, kemudian Purnomo Yusgiantoro, belum lagi di sektor Hulu ada Raden Priyono cs, Reza Chalid dan Petral,” jelasnya.(AK/TUPIA)