Otomotif Indonesia akan Menjadi Terbesar

267
1119

imgres-4JAKARTASATU — Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, sektor otomotif nasional semakin unjuk gigi. Tak hanya di dalam negeri, mobil buatan anak negeri juga semakin berkibar di mancanegara. Dalam lima tahun ke depan, industri otomotif Indonesia akan menjadi terbesar pendapatan ekspor Indonesia, setelah kelapa sawit dan industri alas kaki.

“Tren dalam lima tahun kedepan  ekspor komponen menjadi US$11 miliar dari US$4,5 miliar (2014), Indonesia akan mendapatkan otomotif sebagai bagian utama ekspor Indonesia,” kata Mendag Muhammad Lutfi pada acara pembukaan IIMS 2014 di JIExpo di Jakarta, Kamis (18/9).

Menurut Mendag, tahun lalu,  sektor otomotif Indonesia berhasil membukukan 1,2 juta unit penjualan. Dalam 10 tahun ke depan penjualan mobil Indonesia akan menjadi tiga juta unit per tahun. Kapasitas produksinya menjadi lima juta unit per tahun.

Mendag ingin semua pihak yang berperan dalam kemajuan otomotif Indonesia bisa menjaga iklim investasi di dalam negeri. Namun, tak hanya investasi dari luar negeri termasuk pemegang merek melibatkan industri lokal. (ED/G/JKST)

– See more at: http://geoenergi.co/read/innovation/3041/industri-otomotif-indonesia-akan-menjadi-terbesar/#.VBtfrC6SxCM