8b84a428dc533f9010f60b8b9605055d075604_aJAKARTASATU — Sebelum melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, Jawa Timur, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunaikan ibadah sholat Idul Adha 1435 Hijrah di Masjid Istiqlal, Minggu (5/10).

Presiden Yudhoyono yang mengenakan kemeja putih, jas hitam dan sarung berwarna biru pagi ini tampak didampingi oleh Wakil Presiden Boediono dan sejumlah menteri kabinet.
Rombongan Presiden dan Wakil Presiden tiba di masjid sekitar pukul 06.50 WIB dan disambut oleh Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar.
Shalat Idul Adha yang dimulai pukul 07.00 WIB itu dipimpin oleh H. Hassanuddin Sinaga dengan khatib KH Zakky Mubarak. Tema khotbah tahun ini adalah “Semangat Berkurban untuk Keutuhan Bangsa dan Negara”.
Sementara itu sebagaimana tahun-tahun yang lalu, puluhan aparat dari kepolisian dan TNI tampak berjaga-jaga di sekitar Masjid Istiqlal.
Para jemaah yang telah tiba di lokasi sejak pukul 05.30 WIB harus melewati pemeriksaan khusus sebelum memasuki area masjid.
Seusai menunaikan shalat, Presiden dan Wakil Presiden dijadwalkan menyerahkan sapi kurban kepada perwakilan Kementerian Agama untuk kemudian diserahkan ke Masjid Istiqlal.
Pada Sabtu siang, Presiden Yudhoyono yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober itu dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, Jawa Timur dan Bali. Kepala Negara dengan didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono akan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma.