Zulkifli Hasan akhirnya Ketua MPR Baru

838

zhasanJAKARTASATU — Sidang pemilihan calon pimpinan MPR RI periode 2014-2019 akhirnya memutuskan Zulkifli Hasan Sebagai Ketua MPR RI. Dari keseluruhan anggota sidang yang berjumlah 678 orang, 347 suara memilih Zulkifli Hasan, sementara 330 memilih Oesman Sapta Odang dan 1 abstain.

Sebelumnya sidang Paripurna ini sempat mengalami skors yang panjang dari pukul 12.00 WIB akhirnya sidang paripurna pemilihan Ketua MPR ini dilanjutkan pada pukul 22.00 WIB.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) memutuskan untuk melakukan pemilihan pimpinan MPR 2014-2019 dilakukan dengan mekanisme voting secara tertutup. Ketua sidang sementara MPR, Maimunah Umar pun memutuskan dengan membagi dua paket usulan, yakni paket A dan paket B.

Adapun setiap nama dari fraksi MPR dan kelompok DPD akan memilih 1 dari 2 paket calon pimpinan MPR. Paket A mengusung Oesman Sapta sebagai ketua didampingi Ahmad Basarah, Imam Nahrawi, Patrice Rio Capella dan Hasrul Azwar sebagai wakil ketua.

Sedangkan paket B mengusung Zulkifli Hasan sebagai ketua didampingi Mahyudin, EE Mangindaan, Hidayat Nur Wahid dan Oesman Sapta sebagai wakil ketua.

Setelah dicapainya paket A dan paket B mereka juga menyampaikan visi misinya menjelang pemungutan suara atau voting dalam sidang paripurna pemilihan pimpinan MPR.