KPU Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu 2014

834
Husni Kamil Manik : Ist

BATAM, Jakartasatu.com  – Pemilu legislatif dan pemilu presiden sudah selesai dihelat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga utama penyelenggara pemilu berhasil melaksanakan pemilu dengan baik dan sukses.

Namun demikian, Ketua KPU Husni Kamil Manik meminta jajaran KPU provinsi dam kabupate /kota memyampaikan laporan evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2014. KPU menargetkan, laporan dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota diterima KPU pertengahan Desember 2014 mendatang.
“Disusun laporan secara detil dan menyeluruh. Kami menargetkan, pertengahan desember semua laporan dari KPU provinsi dan kabupaten kota yang sudah terperinci sudah harus terkumpul,” ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2014 KPU dengan KPU Provinsi Seluruh Indonesia di Batam, Rabu (22/10).

Lebih lanjut mantan aktivis HMI  mengatakan, semua laporan itu akan disusun dalam satu laporan. Evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2014 akan menjadi masukan bagi penyelenggaraan pemilu mendatang.

KPU menggelar rapat evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2014, Rabu hingga Jumat, 22 hingga 24 Oktober 2014. Evaluasi penyelenggaraan pemilu merupakan amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu.

“Tujuan pelaksanaan evaluasi ini adalah memetakan permasalahan dan menarik pelajaran dari hasil, manfaat, dan dampak dari semua kegiatan pemilu,” tambah Husni menegaskan.

Evaluasi tersebut, kata Husni, akan menjadi koreksi, tindak lanjut dan rekomendasi bagi pimpinan KPU dalam penyusunan regulasi, perencanaan implementasi dan penganggaran pemilu yang lebih baik di masa mendatang.
KPU melibatkan semua pemangku kepentingan pemilu dalam pelaksanaan evaluasi Pemilu 2014 ini. Eeluaran (outputs), hasil (results), manfaat (benefits) dan dampak (impacts). (IB/Bahaudin Marcopolo)