Pilih Jaksa Agung Mumpuni !

0
318
Foto/Net

JAKARTASATU.com – Hingga kini presiden Joko Widodo belum juga mengumumkan siapa tokoh yang bakal duduk dalam posisi Jaksa Agung.

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie angkat bicara terkait posisi Jaksa Agung yang hingga kini belum diumumkan presiden Joko Widodo.

Menurut Jimly presiden Joko Widodo harus memilih figur tepat untuk duduk dipucuk pimpinan Korps Adyaksa tersebut.

“Saya yakin dia orang yang punya pengalaman dibidang hukum dan pidana. Dan satu lagi yang penting adalah dia harus punya trackrecord yang mumpuni,” ujar Jimly saat dijumpai di gedung Komisi Yudisial, Selasa, (11/11).

Lebih lanjut mantan Ketua Mahkama Konstitusi (MK) menambahkan, trackrecord dinilai penting untuk posisi kejaksaan karena akan berpengaruh pada citra diinstitusi itu sendiri. Selain itu, sang calon, lanjut Jimly harus mampu menjalin kerjasama dengan lembaga hukum lainnya seperti KPK, Kepolisian, dan juga Badan hukum lainnya.

“Harus ada penegakan hukum dan sebaliknya partnership dan kerjasamanya dengan KPK harus saling sejalan,” ujarnya.

Terkait sosok atau tokoh ideal yang layak menduduki kursi kejagung,  Jimly mengaku tidak tau. Kata dia semua orang yang dicalonkan oleh presiden pastinya bagus-bagus.

“Kalau ditanya siapa yang bagus itu semua bagus. Tergantung manusianya itu kan setengah-setengah. Setengahnya manusia, setengahnya setan. (JKS/BM)

 

Facebook Comments