JAKARTASATU – Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan, sepertinya pemerintah pusat harus turun tangan untuk menuntaskan kasus pembantaian terhadap aktivis petani Salim Kancil dan Tosan yang mengalami luka serius. Pasalnya, konflik yang terjadi bukan hanya sebatas  pembantaian, tetapi bisa jadi ada indikasi keterlibatan perusahan – perusahan besar yang ingin menguasai hasil bumi di daerah tersebut.

“Tidak adanya realisasi dari laporan warga kepada para pihak yang berwenang menjadi gambaran jelas jika ada skenario besar untuk kepentingan pihak-pihak tertentu. Jika ini dibiarkan bisa jadi kedepan akan ada salim-salim yang lain,” tegas Jajat.

Menurut Jajat, sebaiknya pemerintah pusat segera mengambil alih penyelesaian dari kasus ini. Pasalnya, jika dibiarkan berlanjut dan tidak segera di selesaikan akan dapat memicu konflik horizontal, jika ini terjadi tentunya ini sangat berbahaya.

“Adanya isu kepentingan perusahaan – perusahaan besar yang terlibat harus diungkap dan di tindak tegas menurut aturan yang berlaku. Jangan sampai pemerintah terkesan tebang pilih karena yang terlibat adalah perusahaan tersebut milik asing,” tutup Jajat.

 

Comments

comments