JAKARTASATU – Mantan kontraktor intlijen Amerika Serikat yang membocorkan penyadapan rahasia, Edward Snowden, mendapat 625.000 lebih pengikut beberapa jam setelah membuka akun Twitter.

Pesan pertamanya adalah, “Apakah Anda sekarang bisa mendengar saya?” Dan satu jam kemudian, pengikutnya mencapai 185.000 yang meningkat menjadi 625.000 dalam waktu enam jam.

Sama seperti akun-akun orang terkenal, ada tanda pemeriksaan berwarna biru dan putih di akun Snowden, yang menunjukkan sudah disahkan oleh Twitter.

Dalam profilnya tertulis, “Saya dulu bekerja untuk pemerintah. Sekarang bekerja untuk masyarakat.”

Edward SnowdenImage copyrightReuters
Image captionEdward Snowden meraih penghargaan Right Livelihood Award 2014.

Pemerintah Amerika Serikat sudah mengajukan dakwaan mata-mata atasnya dengan ancaman hukuman maksimal 30 tahun setelah dia mengungkapkan rincian program penyadapan dua tahun lalu.

Pria yang mendapat penghargaan Right Livelihood Award 2014 ini sekarang mengungsi ke Rusia, yang memberikannya suaka sementara.

Dalam pesan keduanya, sebagai balasan untuk ahli astrofisika, Neil deGrasse Tyson, Snowden bercanda, “Sekarang mereka menemukan air di Mars! Menurut Anda apakah mereka memeriksa paspor di perbatasan? Saya bertanya untuk teman saya.”

Snowden sendiri hanya mengikuti satu akun Twitter, yaitu mantan tempatnya bekerja dulu, Badan Keamanan Nasional AS, NSA.

Comments

comments