Ketua DPRD Bojonegoro Sebut Kang Yoto Sosok Perawat Kebhinekaan

0
1653
Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro Mutro'atin (Foto/TribunNews.com)

Jakartasau.com – Keberhasilan Bupati Bojonegoro Suyoto, akrab disapa Kang Yoto dalam menata daerah dan membangun harmoni dengan segala lapisan masyarakat dan kekuatan politik terus diacungi jempol. Kali ini pujian mengemuka dari Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro Mitro’atin.

Dihubungi dari Jakarta, Rabu 15 April 2016 politikus Partai Golkar itu menyebut Kang Yoto adalah figur pengayom. Sosok yang mampu menjaga dan merawat kebhinekaan dan menjaga toleransi antar dan intra umat beragama.

“Beliau sangat humanis dan menjadi pengayom bagi semua,” kata Mitro’atin.

Salah satu contoh keberhasilan Kang Yoto dalam merawat kemajemukan dan toleransi beragama adalah saat dirinya meresmikan Gereja Bethani di jalan Sawunggaleng dan Gereja Pantekosta di jalan Hayam Wuruk dan WR Supratman.

Mitro’atin yang juga mantan penyanyi qasidah melanjutkan dibangunnya gereja-gereja di Bojonegoro dengan anggaran Rp 8 miliar bukan hanya bukti nyata kepiawanan Kang Yoto dalam merawat kemajemukan. Namun demikian dibangunnya rumah ibadah tersebut adalah bukti nyata atau realisasi janji Kang Yoto selama masa kampanye silam.

“Ketika gereja diresmikan saya kaget, terharu, dan amat respek. Bahwa Kang Yoto adalah figur pemimpin yang santun dan tidak arogan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya Global Base Review (GBR) telah menggelar survei. Salah satu kesimpulan dari survei tersebut adalah Kang Yoto menjadi pemimpin idola masyarakat. Survei dilakukan selama 7 hari dengan jumlah responden 100 jiwa yang mewakili lapisan masyarakat, dan kelompok kepentingan di Bojonegoro.

Dalam survei ada 4 pertanyaan pokok yang diajukan yaitu kinerja, toleransi beragama, elektabilitas dan popularitas serta dialog jum’at atau musyawarah (leadership). Empat pertanyaan tersebut disusun berdasarkan system writer input atas peristiwa atau realitas yang berkembang dalam masyarakat.

Metode ini untuk terapan wilayah kajian sosial politik untuk mengungkapkan fenomena-fenomena lingkungan, masyarakat dan sosial politik berdasarkan peristiwa atau akibat sebuah kebijakan yang dilakukan oleh pihak manapun.

Masyarakat sangat memuji kang Yoto, menurut masyarakat Suyoto sangat baik, pinter, amanah, dan sering blusukan. Dapat kita lihat berapa porsentase kesukaan masyarakat terhadap kang Yoto dari kategori Kinerja (bekerja, blusukan) 37,04%, Toleransi Beragama 24,01%., Elektabilitas (Popularitas) 18,02%, dan Leadershif (Dialog Jum’at / Musyawarah) 10,93%.

“Dengan hasil survey diatas, kita bisa melihat indikator keunggulan Kang Yoto atau Suyoto Bojonegoro, yakni Kinerja (bekerja & blusukan) 37,04%,” kata Direktur Eksekutif GBR Rusdianto Samawa, Selasa 12 April 2016. (BIMA)