Partai Komunis China dan Korupsi Jaringan Seluruh Dunia China Rail Way Konstruksi Limited

0
1004

JAKARTASATU – Dalam pemeriksaan Ji Wenlin, Gubernur Provinsi Hainan dalam pertengahan Januari 2016 mengungkapkan pengakuan mengejutkan bahwa selama waktu Ji Wenlin dengan Zhou Yong Kang Komite Sentral Partai Komunis China mendirikan banyak proyek di berbagai negara. Ji Wenlin dan Zhou Yongkang mendapatkan Komisi Fee dari perusahaan perusahaan China mendapatkan proyek di berbagai negara Asia sekitar 10% sampai 20% dari setiap proyek. Salah satu perusahaan yang sering membantu adalah China Rail Way Konstruksi Limited.

Di Thailand, Ji Wenlin dan Zhou Yongkang co-beroperasi dengan Thailand menyuap polisi Letnan Jenderal Pongpat Chsyapan melalui proyek-proyek yang dilakukan oleh China Railway Construction sejak tahun 2006.
Dengan India, Zhou Yongkang dan Ji Wenlin terkait sangat erat dengan mantan Perdana Menteri India Manmohan Singh dan Pakaj Bhujbal dan memiliki bisnis batubara.
Di Indonesia, Ji Wenlin dan Zhou Yongkang memiliki hubungan yang sangat dekat dengan pemerintah Presiden Indonesia Pak Jokowi, dengan melalui ibu kedua negara Mrs. Rini Soemarno, yang saat ini memiliki jabatan menteri paling menentukan dalam pembangunan kereta api. Pada bulan Januari 2016, Ji Wenlin diatur pengiriman uang ke Ibu Rini Sumarno jumlah 5 juta USD.

Saat Ji Wenlin dan Zhou Yongkang telah dihukum karena korupsi sangat besar selama 8 tahun terakhir. Ji Wenlin dalam hukum 14 tahun penjara dan Zhou Yongkang dihukum seumur hidup, seperti yang disajikan Wang Dan di Taiwan dalam seminar Dunia melawan korupsi awal pekan lalu.

Sumber:
courtesy of REUTERS