Dubes India Tercengang Lihat Jakarta Tak Macet

0
1320

Duta Besar India untuk Indonesia Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya mengatakan bahwa dia senang bisa merasakan suasana hari raya Lebaran atau Idul Fitri 1437 Hijriah di Jakarta yang bebas dari kemacetan lalu lintas kendaraan.

“Pertama, saya mengucapkan selamat hari raya kepada semua. Hari pertama Lebaran di Jakarta sangat menyenangkan karena tidak ada kemacetan,” kata Dubes Nengcha di Jakarta, Rabu (06/07/2016).

Pernyataan tersebut dia sampaikan saat ditemui pada acara “Open House” di kediaman Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir.

Pada kesempatan itu, dia mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

“Selamat hari raya Idul Fitri. Saya senang bisa berada di Jakarta hari ini untuk berbagi momen bahagia ini dengan semua orang,” ujar dia.

Dubes India itu mengaku bahwa pada hari raya Lebaran hari Rabu ini, dia berkunjung ke beberapa kediaman pejabat-pejabat Indonesia, salah satunya ke rumah Wamenlu RI.

Pernyataan serupa disampaikan oleh Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zahrain Mohamed Hashim yang mengaku senang merayakan hari Idul Fitri di Jakarta karena jalan-jalan di Ibukota menjadi lebih sepi dan lancar serta lebih aman.

“Hari Raya Lebaran di Jakarta ‘is the best in the world’ (terbaik di dunia). Tidak ada macet. Cukup senang karena cukup sepi di jalan dan aman sekali. Senang kita bisa berjalan-jalan,” ujar dia.

Walaupun mengaku senang merayakan Lebaran di Jakarta, Dubes Zahrain mengatakan bahwa dia juga rindu untuk bisa merayakan Lebaran di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Lebaran di sini (Jakarta) baik sekali karena tidak ada macet, hanya saya juga rindu Lebaran di Kuala Lumpur,” kata dia.

“Yang bagus itu Indonesia dan Malaysia mempunyai tradisi yang hampir sama untuk merayakan Idul Fitri. Bila kita bangun pagi, kita shalat Id lalu bertemu dengan kakak-beradik, keluarga, dan kawan-kawan,” lanjut Dubes Zahrain. -ant