Profil Singkat Ketua KPU Husni Kamil Manik

0
1214
Foto : Istimewa

Jakartasatu.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik telah meninggal dunia pada Kamis malam 7 Juli 2016 di rumah sakit umum pusat Pertamina karena menderita sakit peradangan penumpukan nanah di tubuhnya. Jenazah orang nomor satu di KPU pusat itu kemudian dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan pada Jumat 8 Juli 2016.

Ucapan duka mengalir dari segala penjuru. Mulai dari politikus, pemerhati pemilu, penggiat demokrasi hingga rekannya di jajaran penyelenggara pemilu kompak menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya. Bahkan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara khusus melayat ke rumah duka. SBY menyebut Husni sebagai sosok independen dan memiliki dedikasi tinggi dalam memegang amanatnya sebagai ketua KPU RI.

Sebelum menjadi Ketua KPU RI periode 2012-2017, Husni memang meniti kariernya dalam dunia pemilu dari bawah. Pria kelahiran Sumatera Utara pada Jumat 18 Juli 1975 sejak mahasiswa sudah tertarik dan terlibat dalam dalam ranah pemilu.

Di tahun 1999 misalnya, Husni menjadi pemantau pelaksana pemilu 1999 dari unsur forum rektor seluruh Indonesia. Baginya pemilu tahun 1999 amat penting, sebab Indonesia tengah memasuki masa transisi demokrasi. Sebagai pemantau pemilu, ia mengamati betul jalannya pemilu di tanah air.

Kariernya dalam dunia pemilu terus menanjak. Suami dari Endang Mulyani itu kemudian terpilih sebagai komisioner KPU Sumatera Barat, bukan hanya satu periode melainkan dua periode berturut-turut (2003-2008) dan (2008-2013). Rekam jejak dan prestasi cemerlang selama memimpin KPU Provinsi Sumatera Barat telah mengantarkan bapak tiga orang anak itu menjadi pucuk pimpinan KPU pusat periode 2012-2017.

Di era kepemimpinan Husni Kamil Manik, KPU pusat berhasil melaksanakan hajat demokrasi pemilihan umum presiden yang dihelat pada tahun 2014. Prosesi pemilihan presiden dan wakil Presiden dilaksanakan secara langsung dan berjalan dengan damai. (Bhd)

Baca Juga: Pengamat: Ketua KPU Harusnya Doktor Ilmu Politik Bukan Peternakan 

Baca Juga: Dituding Terima Suap Rp 25 Miliar Dari Kubu Jokowi, Ini Jawaban Ketua KPU RI 

Baca Juga: Menganilsa Foto Sutarman, Jokowi dan Ketua KPU Husni Kamil Manik mereka Bersama…