Lima Amanat Panglima TNI Buat Prajurit

0
1196
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (Foto/TribunNews.com)

Jakartasatu.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan lima pesan kepada segenap prajurit TNI dalam melaksanakan tugasnya. Kelima hal tersebut harus dipegang erat sehingga TNI tidak pernah mengenal lelah dan takut dalam melaksanakan tugas serta tidak pernah putus asa. Pesan itu disampaikan Panglima TNI saat acara halal bihalal dengan segenap prajurit TNI dan PNS Mabes TNI dalam suasana Idul Fitri belum lama ini.

“Yang pertama beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; kedua, mempunyai keunggulan moral; ketiga, mempunyai sifat pantang menyerah; keempat, rela berkorban dan kelima, selalu mencintai rakyatnya,” ujar Panglima TNI dalam keterangan resmi Puspen TNI yang diterima redaksi.

Untuk mengatasi tantangan tugas TNI yang semakin berat, Panglima TNI mengulas secara rinci kekuatan 5 (lima) sifat TNI. Pertama, selalu berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita sebagai insan beriman dan bertaqwa kepadaNya. Kedua, selalu menjunjung tinggi budaya, menjunjung tinggi moral dan etika, karena kita mempunyai keunggulan moral. Ketiga, kita tidak akan menyelesaikan tugas tanpa berhasil, karena kita mempunyai sifat pantang menyerah. Keempat, kita mempunyai ketulusan yang luar biasa, sehingga kita rela berkorban apapun demi negara dan bangsa. Kelima, kita mempunyai kekuatan yang berlipat ganda, karena dibelakang kita adalah rakyat, karena kita selalu mencintai rakyatnya.

Menurut Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, pola kerja yang positif adalah dengan penciptaan suasana kerja yang kondusif untuk dapat memaksimalkan kinerja Prajurit. “Wujudkan lingkungan tugas yang menyenangkan, sehingga kita punya kerinduan untuk selalu berangkat tugas dan yang paling penting tugas bukan menjadi beban tetapi merupakan hiburan, kebahagiaan dan hoby,” tuturnya.

Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Mabes TNI memiliki peran yang setara untuk saling mendukung dan melengkapi. “Apapun kamu adalah beramal untuk bangsa dan Negara, dan apapun jabatanmu punya peran yang sangat penting bagi kesatuan TNI, karena kita bertugas mengendalikan TNI dari Sabang sampai Merauke bahkan diluar negeri,” imbuh Panglima TNI.

Mengakhiri sambutannya, Panglima TNI atas nama pribadi dan mewakili rekan Prajurit TNI memberikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H serta mengharapkan seluruh Prajurit TNI selalu diberikan kekuatan iman, fisik, mental maupun bathin untuk melanjutkan pengabdian yang terbaik kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.