Komisi I DPR Sebut Budi Gunawan Layak Jadi KaBIN

0
769
Komjen Pol Budi Gunawan (Antara Foto)

Jakartasatu.com – Langkah Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Letjen TNI (Purn) Sutiyoso berjalan mulus. Dalam uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang digelar komisi I DPR RI pada Rabu 7 September 2016 Komjen Pol Budi Gunawan Komisi I DPR RI sepakat jika Wakapolri tersebut pantas menyandang posisi kepala BIN.

“Saudara Budi Gunawan layak dan patut menjadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso,” kata Abdul Kharis Almasyhari, Ketua Komisi I DPR RI di kompleks parlemen, Senayan.

Mantan Kalemdikpol tersebut dalam paparannya di hadapan anggota Komisi I DPR RI menjelaskan visi dan misinya dengan fokus optimalisasi peran BIN. Yang dimaksud dengan optimalisasi peran BIN bertujuan dalam penguatan sistem keamanan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

“Saya akan lakukan program optimalisasi BIN yang semakin profesional, objektif, dan berintegritas yang disingkat PROBIN,” katanya.

Untuk diketahui sejumlah perwira tinggi Polri turut hadir mendampingi Komjen Budi Gunawan dalam uji kepatutan dan kelayakan. Mereka adalah Komjen Pol Budi Waseso Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN), Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kalemdikpol Polri Komjen Pol Syafruddin, Kabaharkam Polri Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno, Kadiv Propam Polri Irjen Pol M. Irawan.