Sebanyak 180 dokter bakal cagub-cawagub Jakarta

0
596
Pilkada Jakarta akan dihelat pada 15 Februari 2017 (Foto/Kpujakarta.go.id)

Sebanyak 180 dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan bakal calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Pemeriksaan kesehatan sendiri melibatkan tiga instansi yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno mengatakan khusus untuk dokter yang memeriksa di RSAL Mintohardjo, ada sebanyak 71 dokter yang melakukan pemeriksaan.

“Keseluruhan tim ada 180 orang. Mereka gabungan dari IDI, BNN, dan HIMPSI. Hari ini agendanya pemeriksaan tiga pasangan bakal calon, full sampai sekitar setengah enam sore,” kata Sumarno, di RSAL Mintohardjo, Sabtu (24/09/2016).

Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan selama dua hari, yakni tanggal 24-25 September 2016. Untuk hari ini akan dilakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan besok dilanjutkan dengan pemeriksaan psikologi.

“Besok siang dilanjutkan dengan pemeriksaan narkoba di BNN,” ucapnya, seperti yang dikutip dari laman beritajakarta.com.

KPUD DKI sengaja melibatkan tiga instansi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Pihaknya ingin mengetahui pemeriksaan secara menyeluruh untuk setiap pasangan bakal calon cagub-cawagub.

“Karena untuk menghasilkan pemeriksaan kesehatan rohani, jasmani dan bebas narkotika. Sehingga melibatkan tiga instansi itu,” ujarnya. |rmn