INTERNATIONAL RATTAN FORUM “RATTAN FOR LIFE”

Jakarta- International Rattan Forum berlangsung di Gedung Garuda Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Acara dibuka dengan pembacaan doa dan dilanjutkan pemaparan materi oleh Listoman Tanjung selaku Project Director dari PROSPECT Indonesia (15/11)

Atas ketersediaan rotan yang melimpah di Indonesia itu, menurut Ketua PUPUK (Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil) Lendo Novo, telah dilakukan Program Prospect (Promoting Sustainable Production and Comsumption Eco-friendly Rattam Products).

“Program ini sudah berjalan hampir 4 tahun yaitu 2013-2016, serta diimplementasikan oleh Pupuk Bandung bekerjasama Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) Belanda dan Innovation Zentrum Licthenfels (Jerman), dengan lokasi pengembangan di wilayah hulu seperti Katingan (Kalimantan Tengah), Sigi di Sulawesi Tengah, sekaligus Aceh Besar. Untuk wilayah hilir dilakukan di Cirebon, Surakarta, atau Surabaya,” ujar Lendo Novo di Jakarta, Minggu (6/11).

Program ini didukung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, HIMKI (Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia), dan melibatkan instansi pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi. (DIC)