Gerindra: Ridwan Kamil seperti Ahok

0
848

Ketua DPP Partai Gerindra, Sodik Mudjahid, menyebut bakal calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memiliki sifat sama dengan gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam hal etika politik.

“Karena itu Partai Gerindra tidak akan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat,” kata Sodik di Gedung DPR RI, Jakarta, hari ini.

Pernyataan Sodik ini merujuk pada sikap politik Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil yang menerima pinangan Partai NasDem untuk diusung sebagai calon gubernur Jawa Barat. Padahal saat maju sebagai caon Wali Kota Bandung Emil diusung Partai Gerindra. Sama seperti Ahok saat maju bersama Jokowi di Pilkada DKI. Tetapi saat maju di Pilgub DKI 2017, Ahok memilih PDIP dan Golkar sebagai partai pengusung.

Sodik mengatakan, Emil telah melanggar etika politik saat menerima tawaran Partai NasDem, dalam salah satu butir perjanjiannya yakni harus mendukung Presiden Jokowi pada Pilpres 2019.

“Itu kan masalahnya dia (Emil) yang bermasalah. Itu etika yang kurang bagus dalan berpolitik, dalam etika pilkada,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu.

Padahal, dia menambahkan, meski Gerindra mendukung Emil saat akan maju sebagai calon walikota Bandung, hingga saat ini Gerindra tidak pernah merongrong kekuasaan Emil di Kota Kembang.

“Kasarnya, satu rupiah pun kami tidak pernah meminta,” kata Sodik.