Sebab Pilkada DKI & Penistaan Agama, Pemerhati: Hampir Kembali ke Masa Lalu

0
717

JAKARTASATU– Bagi sebagian pengamat, atau bahkan masyarakat kalangan bawah pra Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu adalah ujian terberat. Bagaimana tidak, jauh sebelum Pilkada itu dilaksanakan, sudah ada percik yang timbul karena ucapan Ahok karena mengutip ayat suci umat Islam.

Dan sebab ucapan Ahok ini, lalu viral di media sosial, akhirnya jutaan pasang mata nampak gerah melihatnya. “Kemarin itu cobaan berat bagi kita atas Pilkada DKI Jakarta. Sebab ada unsur atau menyoal agama.

Apa tidak riskan kalau ada yang mengomporinya? Soalnya yang menyampaikan kutipan ayat itu bukanlah dari pemeluk Islam,” demikian khawatir Ali Lubis dari ACTA, Jum’at (28/04/2017), di Kuningan, Jakarta.

Ia melihat, apabila sikap atau perilaku itu tidak bijak, maka bisa saja hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.  Malah dia memprediksi akan terjadi seperti orde-orde lainnya.

“Hampir saja bangsa kita ini kembali ke zaman orde-orde yang lalu. Ini hampir sekali,” katanya.

Ia menghimbau agar suasan seperti itu tidak lagi berlanjut. Hal-hal yang sempat tidak diinginkan, ia sarankan agar kembali dirajut, agar kebhinekaan tetap berdiri kokoh. | RI