Mudik Gratis Keluarga Besar TNI AL

0
925

JAKARTASATU – Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi melepas mudik gratis bagi para anggota dan keluarga besar TNI AL. Acara pelepasan tersebut berlangsung siang tadi di Mabes AL, Kamis 22/Juni. Dalam mudik gratis keluarga besar TNI AL itu memberangkatkan tidak kurang 3.222 orang dengan 64 bus.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) menjelaskan, pada musim mudik kali ini terjadi peningkatan peserta yang cukup signifikan dari anggota TNI AL dan keluarganya sekitar empat ratus persen. “Pemudik gratis dari Mabes AL meningkat, Tahun lalu tidak sampai 20 bus, sekarang diberangkatkan 64 bus,” kata KASAL di Mabes AL Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (22/6).

Lebih lanjut KASAL mengungkapkan, tujuan dari pelaksanaan mudik gratis adalah sekaligus untuk membantu mengatasi kesulitan mendapatkan sarana transportasi. Rencana rute mudik gratis dengan dua rute, masing-masing rute pertama Jakarta-Semarang-Surabaya dan rute kedua Jakarta-Solo-Yogyakarta.

Sebanyak 64 bus yang disediakan mengangkut 133 orang dari Mabes AL, 226 orang dari Armabar, 265 orang dari Kolinlamil, 111 orang dari Seskoal, 158 orang dari Pushidrosal, 1.066 orang dari Kormar, dan 66 orang dari Lantamal III.

“Kegiatan mudik gratis juga merupakan wujud perhatian jajaran TNI AL untuk mempermudah prajurit dan keluarganya dalam melaksanakan hari raya Idul Fitri 1438H. Selain itu juga sekaligus memperkecil risiko kecelakaan lalu lintas di perjalanan yang banyak terjadi dari tahun ke tahun,” lanjutnya.

Pihak TNI AL juga melengkapi rombongan mudik dengan pengawalan polisi militer pada setiap rombongan bus. Selain itu, juga melaksanakan pengecekan, baik itu kesehatan dan tes urine bagi para personel yang mengemudikan bus. |NOR/JKST