JAKARTASATU– Kemenangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menurut pengamat dari NSEAS, Muchtar Effendi Harahap tidak lepas dari peran masyarakat Jakarta yang tidak sejalan dengan sikap, perilaku, ataupun kebijakan narapidana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Maka menurutnya, Anies-Sandi dilayak pantas melibatkan masyarakat yang mendukungnya untuk sama-sama membangun DKI Jakarta untuk lima tahun ke depan.

“Sebelum Anies-Sandi dicalonkan, sudah ada penampakkan pertarungan dari warga ke Ahok. Anies-Sandi adalah pasangan yang menang atas dorongan rakya. Ini yang harus diakui terlebih dahulu,” katanya, kemarin, Kamin (20/07/2017), di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Tidak hanya itu, menurut dirinya, Anies-Sandi meraih kemenangan karena adanya etnis yang sama dengan Ahok tetapi tidak mendukung mantan Bupati Bangka Belitung tersebut. “Juga ada warga Tionghoa nasionalis yang anti Ahok,” sambungnya singkat.

Sehingga, ia menilai bahwa kemenangan itu tidaklah semata-mata karena partai politik saja. Peran masyarakat lebih dahulu mengangkat suara Anies-Sandi.

“Jadi, kemenangan Anies-Sandi itu bukanlah semata-mata dari Gerindra, PAN, dan PKS. Dan Pak Prabowo mengakui hal itu,” tutupnya. RI

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here