JAKARTASATU– Masih dalam HUT RI ke-72, masyarakat dihimbau untuk tidak menghembuskan isu-isu bahwa umat Islam belakangan bersikap intoleran. Hal demikian, selain tidak sesuai fakta, juga tidak ada dalam sejarah umat Islam bersikap demikian.

“Dan di dalam al-Qur’an, masya Allah, al-Qur’an itu paling toleran. Al-Qur’an menjaga itu. Jangan takut dengan hal-hal yang tidak ada sejarahnya. Al-Qur’an itu semuanya akan damai dan semuanya akan tenang. Semua akur, semua enak, karena itu, karena al-Qur’an paling toleran,” kata ustadz Haikal Hasan, di salah satu hotel di Bandung, Jawa Barat.

Ia menyebutkan, dalam sejarah dulu nabi Muhammad itu mau dibunuh. Dan yang ingin membunuh itu masih ada, dan tinggal dan hidup di Mekkah. Saat itu rasul sedang Berjaya dengan pasukan ratusan ribu, lalu dibawa olehnya dari Madinah ke Mekkah.

“Dan kalau mau, rasul saat itu membalas dendamnya, mereka akan habis semuanya. Tetapi rasuk tidak melakukannya. Rasul adalah al-Qur’an berjalan. Akhlak nabi itu adalah al-Qur’an. Jadi jangan takut dengan al-Qur’an.

Rasul tidak melalukan hal yang sama dengan para pembencinya dan musuh. Padahal dulu diusir dari Mekkah. Tapi rasul malah berpesan apabila ada yang mengganggu non Islam, maka akan berhadapan dengannya (menggangguku). Itulah akhlak al-Qur’an, tambahnya.

Pun dengan kepemimpinan selanjutnya, yakni Umar dan Salahuddin al-Ayubi yang kuasai Yerusalem. Keduanya tidak melakukan yang merugikan bagi umat selain Islam.

“Umar bin Khatab tahun 628 masuk ke kota Yerusalem tanpa mengusir siapapun dan tanpa menumpahkan darah, saudaraku. Diikuti oleh Salahiddin al-Ayubi. Padahal puluhan tahun umat Islam dibunuhi saat itu, tetapi dia tidak melakukan hal sama. Itulah toleransi,”bebernya.

Masih katanya ketika Salahuddin ambil alih Yerusalem, sekali lagi, tidak ada setetes darah tumpah. Itulah makna persatuan dan kesatuan dalam Islam: mengajak bersatu bukan saja kepada umat Islam tetapi juga pada umat (bangsa) lainnya. “Salahuddin mengikuti Umar, Umar mengikuti Rasul dalam bersikap seperti itu,” tutupnya jelas. RI

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here