Jangan Ikut Kepemimpinan Lama, Anies-Sandi harus Kedepankan Dialog dengan warga DKI

0
770

JAKARTASATU– Senator DKI Jakarta, Fahira Idris mengingatkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno bahwa Kota Jakarta adalah kota yang mempunyai persoalan yang begitu kompleks. Sehingga, dengan nantinya Anies-Sandi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, diharapkan dapat mengatasinya dengan baik sebagaiman yang telah dijanjikan saat kampanye.

“Selain soal ketimpangan, kompleksitasnya persoalan dan masalah Kota Jakarta yang begitu berat, beragam dan rumit akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anies-Sandi. Namun, jika mencermati formulasi partisipasi dan kolaborasi warga yang ditawarkan pasangan ini saat kampanye, kompleksitas masalah di Jakarta mudah-mudahan akan terurai dengan baik,” himbaunya, seperti tertulis di akun Twitter pribadi miliknya, Jum’at (13/10/2017).

Memang, kunci dari mengelola kota seperti Jakarta adalah mengajak warga untuk bergerak menyelesaikan persoalan-persoalan kotanya. “Oleh karena itu, saya berharap pola atau gaya kepemimpinan yang nanti dipraktikkan Mas Anies Baswedan dan Bang Sandiaga Uno adalah mengedepankan dialog, menumbuhkan partisipasi warga dan membuka ruang kolaborasi sebesar-besarnya kepada semua lapisan warga yang ada di Jakarta untuk menyelesaikan persoalan sehari-hari yang dihadapi warga Ibu Kota.”

Harapan itu Fahira sebutkan karena sebelumnya dapat dilihat bahwa keikutsertaan warga dalam mengatasi persoalan Jakarta bisa dikataka  tidak maksimal. “Partisipasi dan kolaborasi inilah yang selama ini tidak terbangun di Jakarta sehingga berbagai persoalan semakin ruwet dan datang saling berganti menimpa kota ini.” RI