Pemilu di Daerah Jawa akan Memikul Dampak dari Pilkada DKI Jakarta

0
643

JAKARTASATU– Salah satu pengamat komunikasi politik melihat peta pertarungan Pilkada serentak di daerah Jawa akan sedikit sama dengan apa yang ada di Jakarta. Pasalnya, pertarungan itu akan melibatkan partai-partai besar yang notabenenya masih sama.

Partai-partai yang dianggap berpengaruh atau besar itu di antaranya adalah PDIP dan juga Golkar. Selain kedua partai ini, juga ada partai yang perlu dipandang akan mempengaruhi suara lebih terhadap perhelatan pemilu di 2018 mendatang.

“Dalam wilayah yang cukup krusial seperti Jawa Barat, yang 33 juta pemilih, Jawa Tengah 27 pemilih, dan Jawa Timur 30 juta pemilih, yang jika ditotal 48 itu pemilih nasional. Oleh karena itu tentu tidak hanya akan terjai psikopolitis tetapi juga pada penguasaan kantong suara. Contoh, Jawa Barat kantong suaranya Golkar dan PDIP, Jateng itu PDIP dan PKB, dan Jawa Timur kantongnya PKB (pemenang),” kata Gun Gun Heryanto, saat mengisi acara diskusi di Jakarta, beberapa hari lalu.

Tidak hanya untuk Pemilukada, Gun Gun menyampaikan bahwa dampaknya itu akan juga mempengaruhi di Pilpres 2019. Dan dampak ini menurutnya akan lahir dari Pemilukada di daerah Jawa tersebut.

“Pilkada DKI tahun 2017 akan mempunyai dampak kepada Pilkada di tahun 2018 di setiap daerah, yang juga akan berpengaruh pada tahun 2019. Ini tentu akan pengaruhi basis nasional pada saat Pilpres,” katanya lagi.

Sebagaimana diketahui bahwa Pilkada serentak pada tahun 2018 mendatang akan dilaksanakan. Beberapa nama oleh partai politik sebagai petarung juga sudah nampak seperti di daerah Jawa. RI