Tokoh: Hentikan Reklamasi, Tarik Sertifikat yang Terbit Super Kilat Itu

0
739
Ustad Tengku Zulkarnain/ist

JAKARTASATU– Salah satu tokoh agama Islam meminta megaproyek reklamasi untuk segera dihentikan. Malah dia menghimbau agar segala teknisnya diminta untuk segara dicabut, seperti sertifikat.

“Hentikan reklamasi. Tarik sertifikatnya yang terbit super kilat itu. Bangun rumah susun untuk rakyat miskin DP 0 persen di atasnya. Setuju semua?” tulisnya ajak di akun Twitter pribadi miliknya, Rabu (18/10/2017).

Proyek reklamasi yang hingga kini masih kontroversial pun nampaknya diragukan keadilan penindakannya oleh pemangku kepentingan tertentu. Pasalnya, ia melihat ada kasus rumah tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tetapi justru seketika dihancurkan, sedangkan reklamasi tidak demikian.

“Orang Betawi bangun rumah kontrakan tanpa IMB langsung diratakan dengan tanah. Sementara pulau reklamasi tanpa IMB bangun ruko-ruko aman. Nampak?”

Reklamasi ini masih kontroversial di antaranya mengganggu lingkungan, habitat laut, mata pencaharian warga setempat, prosedur hukumnya yang dipertanyakan, dan lain-lainnya. Ada pula pengamat yang menyatakan bahwa reklamasi pulau bisa jadi akan berdampak pada kesenjangan antara masyarakat setempat dengan pendatang. RI