JAKARTASATU – PT Hino Motors Limited, Japan (HML) memamerkan 5 unit kendaraan jagoannya untuk hadir dalam gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2017 ke 45 yang berlangsung pada 27 Oktober – 5 November di Tokyo Big Sight, Jepang.

Kelima kendaraan itu adalah The New Generation Hino700 Series, Hino500 Series atau yang dikenal di Indonesia sebagai Hino New Generation Ranger, Hino Truck Dakar Rally 2014,  Hino300 Series Hybrid untuk segmen light duty truck atau truk ringan, serta Bus kecil Hino Poncho EV Community bus.

Untuk gelaran TMS 2017 kali ini Hino mengusung tema ‘Trucks and Buses That Do More’. Dimana ini menggambarkan keinginan Hino untuk dapat mengangkut orang dan membawa barang secara aman dan efisien.

Presdir Hino Motors Japan, Yoshio Shimo pembukaan Tokyo Motor Show 2017/ist

Serta lebih dalam lagi membantu mempermudah dalam menunjang kehidupan manusia. Disamping menampilkan deretan kendaraan komersial, Hino turut memberikan edukasi atau pemahaman kepada pengunjung yang datang ke booth mengenai teknologi Hino yang ramah lingkungan dan aman di kendarai dalam upaya memaksimalkan operasional kendaraan.

Hino juga memperkenalkan teknologi untuk kendaraan logistik barang dan orang  di masa depan melalui video yang menarik. Booth Hino sendiri terletak pada East Hall 1, Tokyo Big Sight. Berikut 5 produk dari Hino Motors Limited, Japan yang ditampilkan dalam ajang Tokyo Motor Show yang ke 45 :

Hino700 Series (Japan model)

Setelah bertahan 14 tahun, Truk heavy duty ini mengalami perubahan model secara komprehensif, baik itu sisi interior maupun eksterior. Hadir dengan tingkat keamanan yang tinggi, truk ini juga dirancang lebih efisien secara ekonomis guna memenuhi standar emisi 2016. Hino700 Series dilengkapi dengan system keselamatan yang mumpuni seperti sistem pengereman Pre-collision damage mitigation (PCS) yang mampu mendeteksi kehadiran pejalan kaki disekitarnya. Dengan mengurangi mesin utama 279kW (380PS) dari 13L ke 9L, truk Hino ini berhasil melakukan pengurangan berat yang substansial. Ini lah yang membuat pengemudi senang mengendarai truk ini, sebuah truk yang dapat terus memberikan sesuatu.

Hino500 Series (Japan model)

Truk ini mengalami perubahan menyeluruh untuk pertama kalinya dalam 16 tahun. Hino500 Series tampil dengan konsep yang baru sebagai truk berukuran sedang yang dimodifikasi untuk memenuhi standar emisi 2016. Dengan tampilan eksterior yang baru membuatnya lebih “stylish”, sementara interior diubah dengan luas yang lebih nyaman untuk pengemudi seperti yang biasa kita lihat pada mobil-mobil mewah untuk penumpang. Truk Hino500 Series ini yang dikenal di Indonesia sebagai Hino New Generation Ranger telah dilengkapi dengan peralatan keselamatan yang canggih, mengikuti apa yang ada pada HINO700 Series sebagai standard dari truk Hino. Untuk mesin turut juga dirampingkan menjadi 5 liter sehingga efisiensi bahan bakar meningkat.

Hino300 Series Hybrid – wide cab (Japan model)

Truk ringan tipe HINO300 Series Hybrid  ini sangat popular di Jepang melalui iklan TVnya yang fenomenal, Hino no niton (Hino 2 ton). Memiliki kinerja penjualan terbaik di Jepang untuk kelas truk ringan hybrid. Truk yang dikenal di Indonesia dengan nama Hino New Dutro ini tampil dengan kabin yang luas dan dilengkapi dengan transmisi otomatis baru dengan enam percepatan. Sistem Pengendali hybrid dan penghematan bahan bakar serta kemudahan dalam kendara juga telah ditingkatkan. HINO300 Series menawarkan tingkat konsumsi bahan bakar terendah di kelasnya yaitu 13,2 km / L *.

Hino Poncho EV (Kendaraan yang dijual terbatas)

Hino Poncho EV merupakan bus dengan tenaga listrik, tipe ini diluncurkan untuk menggantikan mesin diesel pada tipe Poncho sebelumnya yang diluncurkan pada tahun 2012. Model ini sudah beroperasi di beberapa kota seperti Sumida dan Hamura di Tokyo, serta kota Komatsu di prefektur Ishikawa, Jepang. Bus Ini beroperasi berdasarkan high frequency charging concept, dimana Hino Poncho EV diisi untuk daya listriknya setiap 10 km sepanjang pengoperasian untuk menghasilkan kinerja yang baik. Hino Poncho EV memiliki suara yang halus saat dioperasikan tanpa mengeluarkan CO2, yang membuat penumpang dan penduduk sekitar yang dilalui rute bus ini tetap nyaman.

Hino500 Series Dakar Rally 2014

Hino Truk Dakar Rally telah ikut serta selama 26 tahun dan tidak pernah gagal mencapai garis finish. Pertama kali mengikuti lomba Dakar Rally pada tahun 1991 dan menjadi satu-satunya truk asal Jepang yang turut serta dalam balapan terganas ini. Truk ini merupakan simbol dari Hino yang terus haus akan tantangan dalam memberikan produk yang berkualitas dengan kekuatan yang luar biasa. Truk Hino yang dipamerkan dalam Tokyo Motor Show tahun ini merupakan truk yang berlaga dalam kejuaraan Dakar Rally tahun 2014 dengan Teruhito Sugawara sebagai pembalapnya dan berhasil menjadi juara di kelas under 10 liter.  |HSD/JAKSAT

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here