Ini Alasan Demokrat belum Tentukan Langkah di Pilkada Jawa Timur dan Jawa Barat

747

JAKARTASATU– Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono yang disapa akrab Ibas berkomentar soal Pilkada di daerah Jawa Barat dan juga Jawa Timur mendatang. Menurutnya, perhelatan untuk itu Demokrat belum dapat menentukan dengan pasti siapa yang akan maju atau siapa yang akan didukung.

“Nanti juga akan diputuskan terkait siapa yang layak dan tepat untuk memimpin di Kabupaten/Kota sebagai Bupati, Wali Kota, dan seterusnya. Saya minta teman-teman untuk mengikuti saja dulu.

Saya yakin tidak semua daerah yang sudah diputuskan. Ini kompleksitasnya juga tinggi. Partai-partai politik yang sedang mencari format baik, karena semuanya pasti ingin menang. Semua juga ingin memunculkan kader-kader terbaiknya,” ujarnya, kepada awak media, Senin, 30 Oktober 2017, di Jakarta.

Menurutnya untuk menentukan langkah tersebut butuh waktu. “Inilah proses demokratis yang saya pikir membutuhkan waktu, apakah itu di Jawa Barat maupun di Jawa Timur, juga di Sulawesi Selatan. Semua tidak ada yan tertutup. Semua terbuka. Nah, sampai dengan nanti bulan Januari pendaftarannya,” ia menjelaskan.

Termasuk untuk di Jawa Timur, sekali lagi ia mengatakan bahwa hitam putihnya belum keluar dari partai Demokrat. “Tetapi yang kita dengarkan, hari ini Jawa Timur yang mengerucut tentunya ada Gus Ipul dengan pasangannya Azwar Anas.

Bu Kofifah dengan, mungkin belum diputuskan pasangannya, mungkin menunggu petunjuk dari partai pendukung dan juga mungkin para kiai. Saya tidak tahu apakah ada partai lain yang mengusulkan calon alternative, ya, kita lihat saja,” tutupnya. RI