BELAJAR HYPNOTHERAPHYBERSAMA PAKAR REZKY DANIEL

1856

JAKARTASATU – Masih ada anggapan kalau hipnosis atau hipnoterapi adalah praktek supranatural yang berbau klenik. Hipnosis sama dengan gendam atau praktek kejahatan dimana seseorang dapat menguasai pikiran orang lain.  hipnosis itu ilmu sesat yang menggunakan kekuatan mahluk halus, atau sejenisnya untuk bisa membuat tidur orang dan tidak sadarkan diri.

Apakah betul demikian?

Rezky Daniel, seorang pakar hipnoterapi Indonesia sertifikat nasional dan internasional, Spesialiasi di Bidang Pemberdayaan Diri & Komunikasi berbasis Hipnosis, NLP dan Coaching yang sudah berpengalaman lebih dari 10 Tahun ini berbagi pada Jakartasatu.com pada seminar dan workshopnya yang bertajuk “The power of hypnosis” pada 4-5 November 2017 lalu di sebuah hotel bilangan Bintaro,

United State Amerika Department of education memberikan pengertian bahwa hypnosis adalah The by pass of the critical factorof the conscious mind followed by establishment of acceptable selective thinking – Penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti.  Rezky mengungkapkan,  “Hipnosis  adalah suatu gejala alami sehari-hari, suatu fenomena psikologis biasa yang pernah dialami setiap orang dan hampir secara tidak sengaja pernah melakukan praktek hypnosis alamiah, setidaknya menerapkan pemberian sugesti kepada orang lain atau sebaliknya. Setiap orang dapat dipastikan pernah conscious mindmemasuki keadaan hypnosis atau dalam bahasa popular sering disebut trance.” Jelas Rezky yang sudah merilis bukunya dengan judul “life with hypnosis.”

Sebagai seorang trainer, coach dan hypnotherapist, Rezky,  yang sudah  berbicara kepada lebih dari 10.000 orang serta  meluluskan ratusan Professional Hypnotherapist tiap tahunnya itu juga mengungkapkan,  yang perlu diketahui bahwa kesadaran manusia dapat dibagi menjadi 2 (dua) area utama yang sering berkontribusi untuk menciptakan suatu pemikiran, reaksi, dari manusia yaitu; Concious Mind adalah suatu area yang memiliki sifat kritis, analtis, logis, dan sering dianalogikan dengan wilayah otak kiri. Kontribusi relatif kecil, beberapa buku menuliskan sekitar 10% – 12%. Sedangkan area satunya lagi bernama Subconscious Mind yaitu suatu area  yang mirip dengan bank data dari manusia, berisikan berbagai pengalaman, pengetahuan, keyakinan dasar dan sebagainya. Mirip dengan storagedi sebuah komputer yang kosong untuk pertama kalinya. Kemudian secara bertahap mulai diisi dengan program (software) dari luar, termasuk software yang mungkin buruk dan berpotensi merusak (misalnya virus).

Berbagai masalah dalam keseharian terutama yang berkaitan dengan psikis dapat disembuhkan dengan memakai metoda hypnotheraphy contohnya seperti yang ada di dalam tabel di bawah ini :

·        Phobia

·        Trauma / luka batin

·        Tidak percaya diri

·        Gagap / kesulitan bicara

·        Konflik diri ( inner conflict )

·        Takut sukses

·        Takut gagal

·        Insomnia

·        Malas

·        Migraine

·        Kecemasan

·        Stres

·        Depresi

·        Sex Problem

·        Kesulitan diet

·        Pencapaian prestasi hidup rendah

·        Tidak bisa berhasil walaupun telah mencoba segala cara

·        Meningkatkan penghasilan secara signifikan

·        Menemukan benda yang hilang

·        Perilaku obsessive/complusive

·        Meng-uninstal berbagai program negative dari masa kecil

·        Meng-instal program baru yang mendukung keberhasilan hidup

·        Motivasi / empowerment

·        Kebiasaan buruk

·        Weight management

·        Kesulitan berhenti merokok / smoking cessation

·        Berbagai penyakit psikomatis

·        Takut berbicara di depan umum

·        Tidak bergairah kerja

·        dan masih banyak lagi

Kekuatan pikiran alam bawah sadar memberi peranan penting untuk membantu faktor penyembuhan akan hal-hal yang dirasa sakit. Rezky menjelaskan ada beberapa tahapan untuk melakukan hypnotheraphy yaitu dengan melakukan 1. Pre –Induction Talk (proses pengenalan terhadap subjek dengan melakukan eksplorasi permasalahan client secara detail), 2. Induction (tehnik untuk membawa subjek/client) ke kondisi hypnotic state. 3. Deepening ( tehnik untuk memperdalam kondisi trance dari subjek biasanya bisa dengan cara sederhana seperti; dengan hitungan yang mengistirahatkan sisi conscious mind dari subjek, subjek pergi ke suatu tempat yang nyaman, melakukan aktifitas misalnya menuruni tangga), 4. Depth level test (suatu teknik untuk memeriksa kedalaman dari subjek). 5 Suggestion(merupakan inti dari proses hypnosis yaitu dengan memberikan kata-kata sugesti, sesuai dengan kebutuhan), 6. Termination/Emerging ( tehnik untuk mengembalikan subjek kembali ke kondisi normal. Harus dilakukan secara bertahap dan tegas)

Hal menarik dari pelatihan yang disampaikan  Rezky Daniel adalah, berisikan tentang  teori hanya 30% sisanya 70% adalah praktek. Para peserta dengan mencari partnernya (teman sesama pelatihan) masing-masing bisa mempraktekkan dari yang disampaikan dan dicontohkan Rezky. Beberapa dari peserta juga ada yang dihypnotherapy untuk menambah rasa percaya dirinya dan lebih berarti bagi orang lain. Seorang ibu yang mempunyai masa lalu kelam karena pengaruh buruk dari asistent rumahtangganya yang mengganggu kejiwaan anaknya juga sempat di teraphy, alhasil dari ketiga voluenter yang mau di hypno itu merasakan kedamaian, rasa plong di hati dan bertambah kepercayaan dirinya

Satu rangkaian kata yang  memberikan sugesti mendalam sebagai penutup di penghujung acara adalah kata-kata coach Rezky, “Wahai rasa sakit di dada, Aku adalah Kamu, Kamu adalah Aku, Kta adalah satu, Aku menerimamu, maka terimalah Aku, Aku memafkanmu maka maafkanlah Aku, Aku menyayangimu, maka sayangilah Aku, Terimakasih” tandas Rezky yang tanpa terasa menyudahi training yang dilakukan selama dua hari pada sore itu. Semburat senja telah pergi, para peserta merasa puas dan damai semua, dengan penuh suka cita mendapatkan manfaat ilmu baru yang segera ingin dipraktekkan pada orang-orang terdekat dan keluarga tercinta. Sampai jumpa di training-training selanjutnya! |ussie/JKST