Bicarakan Wisata Halal, Wagub Sumbar Hadiri Silaturrahmi Minang di Jakarta

0
1312

JAKARTASATU- Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menghadiri Silaturrahmi Masyarakat Minangkabau di Jakarta. Pertemuan ini berlangsung di Rumah Gadang Paninggahan, Jalan Taruna, Nomor 4, Pondok Bambu, Jakata Timur, Minggu (17/12/2017).

Pertemuan ini berlangsung pada Peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Keluarga Paninggahan (PKP) ke 25 dan Hari Ulang Tahun Yayasan Danau Singkarak (Yadas) yang ke 55. Pertemuan ini diisi dengan Seminar Sehari dengan thema “Pariwisata Halal Nasional.”

Hadir sebagai narasumber dalam seminar adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI (27 Oktober – 12 Agustus 2015) Andrinof Chaniago. Sambutan sekaligus Keynote Speaker Bupati Solok Gusmal, Gugub Sumbar Nasrul Abit, Gubernur DKI yang diwakili pejabat di Dinas Pariwisata dan Deputi Kementerian Pariwisata, Hafiz.

Dalam hal ini, Wakil Gubernur Sumbar didampingi Bupati Solok mengukuhkan Pengurus DPP PKP periode 2017-2022 yang diketuai oleh Drs Harmonis Ali dan Sekjen Irwan Nasir, S.Ag serta pengurus baru Yayasan Danau Singkarak yang diketuai oleh DR Lukman Roka dan Sekjen Harmaini Limra.

Sejumlah nama masuk dalam kepengurusan DPP PKP dan Yadas diantaranya, HM Uncu Natsir, H Irwadi DT Rangkayo Basa, H Zulhaimi, Drs. Kenedi Amir. Sejumlah wajah muda mengisi posisi di struktur organisasi antara lain Desmi Hardi SH, Syahrial Mayus, S.iP dan sejumlah nama lainnya. Kehadiran beberapa anak muda dalam kepengurusan ini diharapkan semakin memperkuat gerak roda organisasi kedepan.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari Paninggahan Nasmar Mayus SH Dt Rajo Dihulu, Wali Nagari Paninggahan Yose Rizal, S.Ag, Ketua Badan Musyawarah Nagari Drs Marlis. Tampak hadir perantau dari berbagai penjuru tanah air yaitu dari DPC PKP Riau, Bangka Belitung, Bandung, Serang, Tangerang, Kreo, dan DPC PKP Jabodetabek Wilayah Timur, NTB, Bali, Surabaya, DPC PKP Kalimantan dan DPC PKP Luar Negeri yaitu Datuk Tumangguang Rajo dari Malaysia.

Sebagai narasumber, Andrinof Chaniago menyoroti cara tangkap ikan di Danau Maninjau yang tak ramah lingkungan.  “Jangan sampai Danau Singkarak kotor dan tercemar karena banyak bagan dan lainnya itu,” ujarnya. RI