Pesan ICMI ke Dunia Islam untuk Bantu Palestina

0
42

JAKARTASATU Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengecam sikap serta pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mendukung dan mengakui Yerusalem, Palestina, sebagai ibukota Israel.

Kecaman tersebut mengemuka dalam diskusi media bertema Masa Depan Palestina Pasca Keputusan Donald Trump yang digelar ICMI bersama Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri ICMI DR M Najib, intelektual muda NU Zuhairi Misrawi dan Wartawan senior Kompas Trias Kuncahyono, di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta, Rabu, 20 Desember 2017.

“ICMI mengutuk keras pernyataan Presiden Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel,” kata Jimly saat memberikan pengantar diskusi.

Jimly mengungkapkan, klaim dan pernyataan Donald Trump merupakan pelanggaran terhadap perjanjian Internasional dan berakibat kepada hubungan internasional antar negara.

“Amerika Serikat berpotensi tidak dipercaya lagi oleh negara-negara internasional sebagai bangsa yang memberikan solusi terhadap masalah kemanusiaan global,” ujar Jimly.

Jimly menilai, seluruh umat Islam harus bersatu untuk memberikan solusi serta membendung dampak yang dapat merugikan dunia akibat sikap Presiden Donald Trump.

Pembicara lainnya, M Najib menuturkan, ada beberapa hal perlu diantisipasi dari potensi yang dapat membuyarkan keunggulan persatuan negara-negara Islam, terutama dari masalah politik dunia seperti Palestina dan Israel saat ini.

“Turki, Indonesia dan Iran yang semuanya bukan bagian negara Arab, sementara negara-negara Arab yang seharusnya berdiri di depan justru tampak kurang semangat” ucap Najib.

Sedangkan Zuhairi Misrawi mengatakan, suara umat Islam di dunia yang tidak bersatu merupakan hambatan untuk membantu Palestina menghadapi Israel. Zuhairi berpendapat, tampak dari sidang OKI yang menunjukan tidak bersatunya suara umat Islam.

“Ke depannya suara umat Islam harus satu untuk Palestina yang Independen,” kata Zuhairi.

Sama halnya dengan pembicara diskusi lainnya, Trias Kuncahyono menyebutkan, bangsa-bangsa internasional, khususnya negara Islam, harus terus membantu Palestina dari segi manapun sesuai kemampuannya. RI

Comments

comments



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.